Career Talk UI 2021: Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Image title
Oleh Doddy Rosadi - Tim Publikasi Katadata
8 September 2021, 16:59
Career Talk UI
Katadata

Semakin berkembangnya era globalisasi, masyarakat semakin memberi perhatian terhadap perkembangan karier di era ini. Untuk mempersiapkan diri masuk ke dalam dunia kerja, umumnya mahasiswa harus membekali diri melalui kegiatan belajar mengajar di kelas. Dari kondisi ini, kami menyadari bahwa hal tersebut tidaklah cukup untuk membantu kesiapan kerja mahasiswa. Mahasiswa juga membutuhkan informasi yang memadai agar kesiapan kerja semakin matang.

 

Berdasarkan riset yang telah Career Talk UI 2021 lakukan, mahasiswa UI dan masyarakat umum menganggap informasi mengenai persiapan karier merupakan hal yang penting dan menjadi kebutuhan dari generasi ke generasi yang perlu dipenuhi sebelum memasuki dunia kerja. Maka dari itu Career Talk UI hadir untuk memfasilitasi kebutuhan tersebut guna memberikan kebermanfaatan yang nyata sesuai dengan visi misi dari departemen PIM dan BEM UI.

 

Career Talk UI itu sendiri merupakan salah satu program kerja Departemen PIM yang dinaungi oleh BEM UI. Career Talk UI mempunyai berbagai rangkaian acara yang meliputi webinar, coaching, dan mentoring dengan narasumber yang berkompeten di bidangnya untuk membahas topik mengenai persiapan dan pengembangan diri sebelum memasuki dunia kerja. Tujuan diadakannya Career Talk UI selaras dengan kebutuhan dalam kondisi saat ini, yaitu untuk memfasilitasi mahasiswa Universitas Indonesia dan masyarakat umum dalam memenuhi kebutuhan akan pengembangan dan persiapan diri untuk memasuki dunia kerja.

 

Di tahun ini, Career Talk UI mempunyai nama Career Talk UI 2021 yang membawa tema besar “Realizing Society 5.0”. Tema tersebut dilatarbelakangi oleh era industri 4.0 dengan segala kemajuan teknologi yang akan semakin canggih kedepannya sehingga dibutuhkan sumber daya manusia yang unggul agar dapat bersaing dan beriringan dengan teknologi yang ada. Untuk itu dibutuhkan kesadaran mengenai sikap yang diperlukan untuk menghadapi kondisi tersebut.

 

Beberapa rangkaian acara Career Talk UI 2021 sudah terlaksana dengan baik pada rentang tanggal 16 - 30 Agustus 202, yaitu coaching dan mentoring. Dalam rangkaian acara coaching, Career Talk UI 2021 mengambil beberapa tema. Tema pertama “Standout Your CV” dengan coach Valencia Gabriella, Emmanuella Reika, dan Dyah Alya Gretiana. Tema selanjutnya “How to Win An Interview” dengan coach Farah Marintan Maharani, Nana Rumade, dan Harini Indrawati.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...