Pfizer Uji Coba Obat untuk Cegah Penularan Covid-19

Rizky Alika
28 September 2021, 11:41
pfizer, obat, covid-19
ANTARA FOTO/REUTERS/Matthew Childs/WSJ/cf
Matthew Childs Logo Pfizer terlihat di lokasi pemasok global di Havant, Britain, Senin (1/2/2021).

Pfizer Inc. tengah meneliti obat antivirus oral untuk pencegahan infeksi Covid-19. Mereka menyusul para pesaingnya seperti Merck serta Roche untuk mengembangkan pil bagi pasien corona.

Dikutip dari Reuters pada Selasa (28/9), perusahaan asal Amerika Serikat itu menguji obat PF-07321332 pada 2.660 peserta dewasa sehat berusia 18 tahun ke atas. Sukarelawan akan tinggal di rumah yang sama dengan individu yang terinfeksi Covid-19 dengan gejala.

Dalam uji coba, PF-07321332 dirancang untuk memblokir aktivitas enzim yang diperlukan agar virus corona berkembang biak. Obat tersebut akan diberikan bersama dengan ritonavir dosis rendah.

Pfizer juga telah memulai penelitian PF-07321332 pada pasien dewasa bergejala yang tidak dirawat di rumah sakit.  Sebagai informasi, saat ini pengobatan antivirus yang disetujui untuk Covid-19 di Amerika Serikat hanya remdesivir buatan Gilead Sciences Inc.

 Sementara Merck dan mitranya Ridgeback Biotherapeutics mulai mendaftarkan pasien uji coba tahap akhir obat eksperimental molnupiravir untuk pencegahan infeksi Covid-19. Molnupiravir juga sedang dipelajari dalam uji coba tahap akhir pada pasien yang tidak dirawat di rumah sakit untuk melihat kemungkinan penurunan risiko rawat inap atau kematian.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...