Dorong Ekonomi Papua, Jokowi Resmikan Terminal Penumpang Bandara Mopah

Annissa Mutia
3 Oktober 2021, 09:34
Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Merauke, Minggu (03/10/2021). (Foto: BPMI Setpres/Lukas)
Sekretariat Presiden RI
Presiden Joko Widodo bertolak ke Kabupaten Merauke, Minggu (03/10/2021). (Foto: BPMI Setpres/Lukas)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan terminal baru Bandar Udara (Bandara) Mopah di Kabupaten Merauke, Papua, dengan menandatangani prasasti sebagai tanda peresmian pada Minggu, 3 Oktober 2021.

Bandara Mopah Merauke yang berada di ujung paling timur Indonesia ini terus kita kembangkan,” ujar Presiden Jokowi dalam sambutannya seperti dilansir laman Sekretariat Kabinet RI.

Bandar Udara Mopah ini memiliki terminal penumpang yang baru seluas 7.200 meter persegi dengan kapasitas 638 ribu penumpang per tahun.

Jokowi berharap kehadiran Bandara Mopah bisa meningkatkan kualitas pelayanan terhadap penumpang di Kabupaten Merauke. Selain itu, dia mengatakan kapasitas terminal bandara ini akan terus ditingkatkan untuk mengantisipasi peningkatan jumlah penumpang, mengantisipasi peningkatan mobilitas masyarakat, dan aktivitas ekonomi yang ada.

“Saya ingin berpesan kepada Gubernur dan terutama Bupati Merauke agar memanfaatkan bandara ini sebaik-baiknya dan mendorong lahirnya sentra-sentra ekonomi baru di Kabupaten Merauke dan sekitarnya, serta meningkatkan daya saing daerah dalam ekspor dan investasi. Sehingga betul-betul bisa bermanfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Merauke dan umumnya kemajuan Tanah Papua,” ucap Jokowi.


Pengembangan bandara sendiri merupakan bentuk dukungan Kementerian Perhubungan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 dan Pekan Paralimpiade Nasional (Papernas) XVI di Papua.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...