3 Cara Mengolah Daun Afrika Menjadi Obat Alternatif

Image title
13 Oktober 2021, 23:45
Ilustrasi Daun Afrika
Shutterstock
Ilustrasi Daun Afrika

Daun Afrika atau yang memiliki nama latin Vernonia Amygdalina ternyata kaya manfaat, khususnya untuk menjaga kesehatan tubuh. Cara mengolahnya pun tergolong mudah, sehingga Anda bisa mendapatkan manfaatnya cukup dari rumah. Berikut cara-cara mengolah Daun Afrika yang dihimpun dari Paragram.id:

1. Mengunyah Langsung

Untuk memanfaatkan khasiat daun Afrika yang paling mudah dengan mengunyahnya. Tapi sebelum dikunyah, Anda harus membersihkan daun ini terlebih dahulu, kemudian kunyah daun Afrika ini, lalu telan airnya, dan buang ampasnya. Pada tahapan ini, Anda tidak perlu repot-repot mengolah daun ini.

 2. Mengekstrak Daun Afrika

Untuk memperoleh ekstrak daun Afrika bisa dimulai dengan mengeringkan daunya, kemudian tumbuk. Cara mengonsumsinya cukup dengan menyeduh sesendok teh daun Afrika kering dengan air panas.

3. Dikeringkan dan Diseduh Seperti Teh

Proses ketiga ini mirip dengan ekstraksi, namun tahapan ini lebih mudah dilakukan. Caranya, kumpulkan lima lembar daun Afrika pada sebuah poci, lalu seduh dengan air panas.

Komposisi Nutrisi Daun Afrika

Dilansir dari jurnal ilmiah, Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyimpulkan bahwa tanaman daun Afrika banyak mengandung nutrisi dan senyawa kimia. Adapun komposisinya seperti, protein 19,2%, serat 19,2%, karbohidrat 68,4%, lemak 4,7%, asam askorbat 166,5 mg/100 g, karotenoid 30 mg/100 g, kalsium 0,97 g/ 100 g, besi 7,5 mg/100 g, fosfor, kalium, sulfur, natrium, mangan, tembaga, zinc, magnesium dan selenium.

Kandungan senyawa kimia yang tersimpan dalam daun Afrika antara lain, saponin (vernoniosida dan steroid saponin), seskuiterpen lakton (vernolida, vernoladol, vernolepin, vernodalin dan vernomygdin), flavonoid, coumarin, asam fenolat, lignan, xanton, terpen, peptida dan luteolin). Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun Afrika mengandung flavonoid, glikosida, saponin, tannin, dan triterpenoid/steroid.

Beragam Manfaat Daun Afrika untuk Kesehatan

Bila dilihat kandungan nutrisi hingga zat pada daun Afrika, akan diperoleh fungsi antioksidan. Dilansir dari Alodokter, zat-zat tersebut sangat berguna bagi kesehatan tubuh, antara lain:

1. Mengurangi Kadar Gula Darah

Ada banyak riset yang memberikan gambaran mengenai manfaat daun Afrika terhadap proses penurunan gula darah dan menjaganya tetap stabil. Tanaman herbal ini juga dapat memelihara fungsi pankreas dalam menghasilkan insulin dan menjaga efektivitas kinerja hormon tersebut. Efek tersebut menjadikan daun Afrika baik untuk mencegah terjadinya resistensi insulin dan penyakit diabetes tipe dua.

 2. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Dalam salah satu riset di laboratorium menunjukkan, ekstrak daun Afrika dapat membasmi dan menghambat pertumbuhan sel kanker, contohnya kanker payudara, kanker paru-paru, kanker prostat, dan kanker darah.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...