Manfaat Daun Afrika, Mencegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Image title
13 Oktober 2021, 18:59
Ilustrasi manfaat Daun Afrika
Shutterstock
Ilustrasi Daun Afrika

Salah satu tumbuhan dengan dedaunan berwarna hijau yang memiliki beragam manfaat terutama bagi kesehatan adalah Daun Afrika. Daun yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini merupakan tumbuhan semak yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini banyak tumbuh di Nigeria, Kamerun dan Zimbabwe dan negara yang beriklim tropis termasuk Indonesia.

Meskipun menggunakan nama Afrika, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan di halaman rumah, sepanjang sungai dan danau, ditepi hutan, dan di padang rumput. Daun ini dapat tumbuh pada tempat yang memiliki sinar matahari yang penuh dan memiliki lingkungan yang lembap.

Pada dasarnya, tanaman Daun Afrika tumbuh pada semua jenis tanah. Walaupun demikian tanaman ini masih lebih memilih tumbuh subur dan berkembang pada tanah yang kaya humus.

Daun Afrika memiliki nama lain bitter leaf di Nigeria karena rasanya yang pahit. Nama laiinya Shiwaka di Nigeria bagian Utara, Grawa di Amharic, Ewuro di Yoruba, Etidot di Ibibio, Onugbu di Igbo, Ityuna di Tiv, Oriwo di Edo, Chusar-doki di Hausa Shiwaka Nan Fei Shu (Cina), dan daun Kupu-kupu bila berada di Malaysia.

Daun Afrika juga memiliki nama daerah di Indonesia seperti daun pahit di pulau Jawa dan daun insulin di kota Padang. Maka meski namanya beranekaragam, rasanya tetap satu yaitu pahit

Kandungan Senyawa Kimia pada Daun Afrika

Dalam berbagai jurnal yang dihimpun Jurnal Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyimpulkan bahwa tanaman daun Afrika banyak mengandung nutrisi dan senyawa kimia, antara lain sebagai berikut: protein 19,2%, serat 19,2%, karbohidrat 68,4%, lemak 4,7%;, asam askorbat 166,5 mg/100 g, karotenoid 30 mg/100 g, kalsium 0,97 g/ 100 g, besi 7,5 mg/100 g, fosfor, kalium, sulfur, natrium, mangan, tembaga, zink, magnesium dan selenium.

Kandungan senyawa kimia yang tersimpan dalam daun Afrika antara lain: saponin (vernoniosida dan steroid saponin), seskuiterpen lakton (vernolida, vernoladol, vernolepin, vernodalin dan vernomygdin), flavonoid, koumarin, asam fenolat, lignan, xanton, terpen, peptida dan luteolin. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun Afrika mengandung flavonoid, glikosida, saponin, tannin, dan triterpenoid/steroid. 

Manfaat Daun Afrika

Dengan banyak kandungan di dalamnya, Daun Afrika memiliki beragam manfaat bagi stabilitas dan kesehatan tubuh. Manfaat itu bisa digunakan sebagai pengobatan hingga pencegahan dari penyakit.

Berikut manfaat Daun Afrika yang berguna untuk menjaga kesehatan:

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...