Manfaat Daun Afrika, Mencegah Kanker hingga Penyakit Jantung

Manfaat Daun Afrika yang tumbuh subur di sejumlah pekarangan di Indonesia sangat baik bagi kesehatan, salah satunya bisa mencegah sel kanker.
Image title
13 Oktober 2021, 18:59
Ilustrasi manfaat Daun Afrika
Shutterstock
Ilustrasi Daun Afrika

Salah satu tumbuhan dengan dedaunan berwarna hijau yang memiliki beragam manfaat terutama bagi kesehatan adalah Daun Afrika. Daun yang memiliki nama latin Vernonia amygdalina ini merupakan tumbuhan semak yang berasal dari benua Afrika. Tanaman ini banyak tumbuh di Nigeria, Kamerun dan Zimbabwe dan negara yang beriklim tropis termasuk Indonesia.

Meskipun menggunakan nama Afrika, tumbuhan ini dapat dengan mudah ditemukan di halaman rumah, sepanjang sungai dan danau, ditepi hutan, dan di padang rumput. Daun ini dapat tumbuh pada tempat yang memiliki sinar matahari yang penuh dan memiliki lingkungan yang lembap.

Pada dasarnya, tanaman Daun Afrika tumbuh pada semua jenis tanah. Walaupun demikian tanaman ini masih lebih memilih tumbuh subur dan berkembang pada tanah yang kaya humus.

Daun Afrika memiliki nama lain bitter leaf di Nigeria karena rasanya yang pahit. Nama laiinya Shiwaka di Nigeria bagian Utara, Grawa di Amharic, Ewuro di Yoruba, Etidot di Ibibio, Onugbu di Igbo, Ityuna di Tiv, Oriwo di Edo, Chusar-doki di Hausa Shiwaka Nan Fei Shu (Cina), dan daun Kupu-kupu bila berada di Malaysia.

Daun Afrika juga memiliki nama daerah di Indonesia seperti daun pahit di pulau Jawa dan daun insulin di kota Padang. Maka meski namanya beranekaragam, rasanya tetap satu yaitu pahit

Kandungan Senyawa Kimia pada Daun Afrika

Dalam berbagai jurnal yang dihimpun Jurnal Fakultas Keperawatan Universitas Airlangga menyimpulkan bahwa tanaman daun Afrika banyak mengandung nutrisi dan senyawa kimia, antara lain sebagai berikut: protein 19,2%, serat 19,2%, karbohidrat 68,4%, lemak 4,7%;, asam askorbat 166,5 mg/100 g, karotenoid 30 mg/100 g, kalsium 0,97 g/ 100 g, besi 7,5 mg/100 g, fosfor, kalium, sulfur, natrium, mangan, tembaga, zink, magnesium dan selenium.

Kandungan senyawa kimia yang tersimpan dalam daun Afrika antara lain: saponin (vernoniosida dan steroid saponin), seskuiterpen lakton (vernolida, vernoladol, vernolepin, vernodalin dan vernomygdin), flavonoid, koumarin, asam fenolat, lignan, xanton, terpen, peptida dan luteolin. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa daun Afrika mengandung flavonoid, glikosida, saponin, tannin, dan triterpenoid/steroid. 

Manfaat Daun Afrika

Dengan banyak kandungan di dalamnya, Daun Afrika memiliki beragam manfaat bagi stabilitas dan kesehatan tubuh. Manfaat itu bisa digunakan sebagai pengobatan hingga pencegahan dari penyakit.

Berikut manfaat Daun Afrika yang berguna untuk menjaga kesehatan:

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Macam-macam senyawa fitokimia terdapat di setiap helai Daun Afrika. Misalnya, terpenoid yang dapat mengurangi glukosa darah melalui aktivitasnya, seperti insulin dan menghambat glukoneogenesis serta glikogenolisis.

Kandungan saponin mampu mengurangi stress oksidatif terkait hiperglikemia pada pasien diabetes melitus tipe Tanin, dan dapat menghambat aktivitas alfa-amilase dan alfa-glukosidase yang kemudian mengurangi transportasi glukosa ke epitel usus. Flavonoid dan alkaloid diketahui dapat menghambat aktivitas alfa-glukosidase.

2. Mencegah Kanker

Kandungan antioksidan pada Daun Afrika memiliki fungsi untuk melindungi sel dari kerusakan akibat stres oksidatif karena paparan radikal bebas. Penelitian menunjukkan bahwa daun afrika dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, seperti kanker payudara, kanker paru, kanker prostat, dan kanker darah.

3. Memberikan Zat Antibakteri

Daun Afrika mengandung senyawa-senyawa yang bersifat antibakteri. Ekstrak daun afrika mampu membunuh dan mencegah kuman penyebab infeksi, seperti Staphylococcus aureus, Pseudomonas, dan Escherichia coli.

4. Mengobati Malaria

Sejak dulu, daun afrika sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati malaria ringan. Studi menunjukkan bahwa ekstrak daun afrika dapat membunuh Plasmodium penyebab malaria.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Antioksidan dan kalium yang tinggi pada daun afrika berperan dalam menurunkan tekanan darah serta menjaga tekanan darah agar tetap stabil.

6. Sebagai Bentuk Preventif Terhadap Penyakit Jantung

Kandungan lain yang ada pada daun afrika adalah omega 3 dan 6 (linoleic acid). Senyawa ini dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Penelitian membuktikan bahwa omega 3 dan 6 dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung koroner, henti jantung mendadak, gagal jantung, dan aterosklerosis.

Demikianlah penjelasan dan manfaat Daun Afrika yang bisa diolah sendiri di rumah.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait