Pengertian, Proses, dan Contoh Manajemen Risiko

Dwi Latifatul Fajri
6 Desember 2021, 15:54
Manajemen Risiko
Unsplash/Green Chameleon
Manajemen Risiko Adalah

Manajemen risiko adalah sebuah proses untuk analisis, identifikasi, evaluasi, pengendalian, dan menanggulangi resiko yang dihadapi oleh organisasi atau perusahaan.

Dalam ilmu ekonomi, risiko berhubungan dengan pendekatan dan metode dalam menghadapi ketidakpastian dalam bisnis. Pada dasarnya manajemen risiko ini mencakup berbagai kegiatan seperti perencanaan, organisasi, memimpin, koordinasi, dan mengawasi program resiko.

Pengertian Manajemen Risiko

Dalam KBBI, risiko artinya sebuah hasil dari tindakan tidak menyenangkan, seperti bisa merugikan dan membahayakan. Ketidakpastian dalam resiko berupa pengembangan strategi, ancaman, dan mitigasi resiko.

Definisi manajemen risiko (risk management) dalam suatu perusahaan, yaitu proses perencanaan, kepemimpinan, pengendalian kegiatan untuk meminimalkan resiko pendapatan perusahaan.

Menurut Idroes (2008), manajemen risiko adalah metode logis dan sistematis untuk identifikasi, kuantifikasi, menentukan sikap, menetapkan solusi, dan monitor pelaporan risiko yang berlangsung setiap aktivitas atau proses.

Fungsi manajemen risiko untuk menanggulangi risiko yang dihadapi oleh suatu organisasi, masyarakat, dan keluarga.

Mengutip dari buku Manajemen Risiko Perbankan, menurut ISO 31000 menjelaskan risiko adalah ketidakpastian yang berdampak pada sasaran. Risiko berkaitan dengan kerugian yang bisa menimbulkan masalah.

Dari penjelasan tersebut perlu dipahami sasaran (objectives), ketidakpastian (uncertainty), dan dampak (effect). Berikut penjelasannya:

  • Sasaran (objectives)

Sasaran adalah hal yang dicapai oleh perusahaan baik itu dalam finansial, produksi, penjualan, dan lainnya. Sasaran ini bisa berdasarkan bentuk dan kategori sesuai tingkat organisasi. Organisasi yang memiliki sasaran jelas bisa mengelola potensi risiko.

  • Ketidakpastian (uncertainty)

Ketidakpastian terjadi karena kekurangan informasi mengenai sesuatu, dilihat dari seberapa besar tingkat kemungkinan terjadi, dan dampak sasaran.

  • Dampak (effect)

Dampak terjadi karena penyimpangan (deviasi) dari sasaran yang diharapkan. Penyimpangan ini berdampak pada hasil negatif dan positif.

Risiko terjadi karena peristiwa yang berpotensi berdampak pada sasaran. Resik ini bisa positif dan negatif. Salah satu cara menangani resiko terdiri dari dua aspek yaitu mitigasi terjadi kemungkinan peristiwa yang beresiko serta mitigasi dampak. Mitigasi dampak yaitu melakukan antisipasi supaya peristiwa resiko bisa dikurangi.

Proses Manajemen Risiko

Proses manajemen risiko termasuk bagian penting dari kerangka kerja yang dibagun. Ada 3 proses yaitu penetapan konteks, penilaian risiko, dan penanganan risiko.

Tujuan proses ini dipakai untuk identifikasi organisasi, lingkungan, kepentingan, dan kepentingan kriteria risiko. Berikut penjelasannya proses manajemen risiko.

  • Penetapan Konteks

Proses manajemen risiko ini berhubungan dengan strategi, tujuan, ruang lingkup yang berhubungan dengan proses pengelolaan risiko perusahaan. Mengutip dari ppm-manajemen.ac.id, proses ini berkaitan dengan permasalahan yang dikelola perusahaan seperti eksternal, internal lingkungan perusahaan, dan kriteria risiko.

  • Penilaian Risiko

Proses kedua bertujuan untuk identifikasi resiko yang bisa mempengaruhi pencapaian organisasi/perusahaan. Cara identifikasi risiko ini yakni membuat daftar dan pengukuran tingkatan risiko.

Setelah identifikasi, hasil pengukuran status risiko, akan menunjukkan peta, gambaran, dan tingkatan. Tahap ini ditujukkan untuk membandingkan hasil analisisi risiko dan kriteria yang sudah ditentukan untuk dasar penerapan penanganan.

  • Penanganan Risiko

Proses ketika adalah perencanaan risiko untuk mendapatkan penanganan dan solusi yang efektif. Tujuan penanganan risiko untuk mengurangi dampak risiko pada pihak ketiga dan menerima resiko.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...