Bagaimana Peran Masyarakat agar Vaksinasi Bisa Meredam Covid-19?

Dini Hariyanti
8 Desember 2021, 07:00
Petugas kesehatan mempersiapkan cairan vaksin COVID-19 di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/11/2021). Satgas Penanganan COVID-19 Aceh menyebutkan, hingga 14 November 2021 vaksinasi dosis I sudah diberikan kepada 1.382.413 orang (34,3 persen), dan dosis II seba
ANTARA FOTO/Rahmad/foc.
Petugas kesehatan mempersiapkan cairan vaksin Covid-19 di Lhokseumawe, Aceh, Jumat (19/11/2021).

Vaksinasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19. Namun keberhasilan program ini tidak hanya terletak di tangan pemerintah, juga butuh dukungan masyarakat. 

Saat ini difokuskan upaya untuk mencapai target vaksinasi dosis pertama sebesar 70 persen dari populasi penduduk. Angka ini diharapkan tercapai pada pengujung 2021. Guna menyukseskan percepatan program vaksinasi, ada beberapa hal yang dapat dilakukan masyarakat.

Mengutip laman Covid19.go.id, hal pertama-tama yang dapat dilakukan yaitu membagikan informasi terpercaya berupa fakta-fakta seputar vaksin. Kemudian, mencari tahu siapa saja yang masuk ke dalam kelompok prioritas vaksinasi. 

Apabila ada individu yang belum divaksinasi padahal masuk kelompok prioritas tersebut, bantulah untuk mendaftarkan mereka. Pantau terus hingga pastikan mereka bisa berangkat ke lokasi vaksinasi serta pulang ke rumah kembali dengan selamat.

Jika di sekitar Anda ada yang mengalami efek samping vaksinasi, tak ada salahnya dibantu. Tapi, bekali diri terlebih dulu dengan informasi menyangkut efek samping vaksin yang bersumber dari Kipi.covid19.go.id. 

Setelah vaksin pertama berhasil dilalui, jangan lupa ingatkan orang tersebut untuk menjalankan vaksinasi dosis kedua.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, vaksin adalah hak setiap warga negara. “Dan tidak akan dipungut biaya bagi target penerima,” ujarrnya dikutip dari Covid19.go.id

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...