Omicron Merebak, Kunjungan Turis ke RI 2022 Diramal hingga 3,6 Juta

Cahya Puteri Abdi Rabbi
27 Desember 2021, 19:16
omicron, turis, pariwisata
Kemenparekraf
Gili Trawangan salah satu destinasi primadona yang terletak di Lombok, Nusa Tenggara Barat mengalami pukulan keras selama pandemi covid-19.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) menargetkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 1,8 juta hingga 3,6 juta orang di tahun 2022.

Proyeksi moderat tersebut diambil berdasarkan tingkat kunjungan wisman di pada tahun 2021 yang diperkirakan hanya menembus 1,5 juta orang.

Advertisement

Proyeksi tersebut juga didasarkan pada ketidakpastian kondisi global terkait pandemi Covid-19, terutama dengan adanya varian baru Omicron.

Penyebaran varian tersebut menyebabkan pemerintah kembali memperketat kedatangan wisatawan asing untuk menekan angka penularan Covid-19.

"Jumlah wisatawan mancanegara selalu menjadi angka yang kita kejar, tapi kali ini begitu kita melihat angka di 2020 sebanyak 4 juta, kemudian tahun ini 1,5 juta. Maka tahun depan kita fokuskan di 1,8 sampai dengan 3,6 juta wisman," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno dalam 'Jumpa Pers Akhir Tahun 2021 Kemenparekraf', Senin (27/12).

 Sementara itu, untuk jumlah pergerakan wisatawan domestik, Sandiaga menargetkan akan ada 260 juta hingga 280 juta pergerakan wisatawan domestik di 2022.

Mantan Wakil Gubenur DKI Jakarta tersebut mengatakan saat ini pergerakan wisatawan domestik menjadi andalan dalam mendukung pertumbuhan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif..

Terkait jumlah tenaga kerja pariwisata, Kemenparekraf menargetkan akan tercipta sebanyak 400 ribu lapangan kerja baru yang berkualitas di sektor pariwista.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement