Pengertian Introvert, Ciri-ciri, hingga Mitosnya

Image title
12 Januari 2022, 17:41
Pengertian introvert beserta gejala dan mitos-mitosnya.
pixabay.com/Bananayota
Pengertian introvert beserta gejala dan mitos-mitosnya.

Tipe kepribadian terbagi menjadi dua, ekstrovert dan introvert. Orang-orang yag masuk dalam kepribadian introvert cenderung fokus kepada pikiran, perasaan, dan suasana hati yang berasal dari dalam diri sendiri alias internal. Hal ini berbeda dengan para ekstrovert yang lebih suka mencari stimulasi perasaan yang datangnya dari luar dirinya. Dalam artikel ini akan dibahas secara detail mengenai introvert.

Melansir situs kesehatan Hellosehat.com, bahwa introvert adalah sebuah tipe kepribadian yang sering disalahartikan sebagai pemalu. Padahal, sejatinya makna introvert dan pemalu adalah dua hal yang tidak sama.

Seseorang yang pemalu cenderung merasa khawatir atau tidak nyaman saat berada dalam situasi sosial tertentu, khususnya jika harus berinteraksi dengan orang yang tidak dikenalnya. Pemalu memiliki makna sebagai salah satu gangguan mental yang termasuk ke dalam gangguan kecemasan sosial meski masing tergolong ringan.

Dalam makna lain, introvert juga berarti sebagai tipe kepribadian yang bertolak belakang dengan ekstrovert. Akan tetapi, sebenarnya, setiap orang memiliki elemen introvert dan ekstrovert di dalam dirinya masing-masing. Perbedaannya, ada yang lebih didominasi oleh kepribadian introvert, dan begitu pula sebaliknya, ada yang lebih didominasi dengan karakteristrik ekstrovert.

Ciri-ciri Orang Introvert

Setelah memahami pengertian dari introvert, berikut ragam ciri-cirinya:

1. Menyukai Menghabiskan Waktu Sendiri

Banyak orang yang mengira bahwa hobi menyendiri berarti memiliki kepribadian yang tidak menyenangkan. Sebagai contoh, pemurung, sering bersedih, dan sebagainya. Padahal, bagi orang introvert, kebahagiaannya justru didapatkan saat ia bisa menghabiskan waktu sendiri.

Oorang yang introvert akan memilih untuk menghabiskan waktu untuk melakukan hal yang disukai seorang diri. Bagi mereka, ini waktu yang paling menyenangkan dan dapat membantu “mengisi ulang” energi positif. Namun, bukan berarti introvert akan menyendiri 24 jam dalam sehari.

2. Memilih Pertemanan yang Lebih Berkualitas

Banyak yang menyalahartikan bahwa introvert tidak suka bergaul, sehingga tidak memiliki teman dekat. Anggapan itu tidak benar, karena saat memiliki kepribadian introvert, Anda tetap saja suka berinteraksi dengan orang lain dan memiliki teman dekat.

Sebagai bentuk kompensasi, meski teman sedikit jumlah teman Anda mungkin tidak sebanyak yang dimiliki oleh para ekstrovert. Namun, pertemanan yang dimiliki oleh para introvert sangat berkualitas. Meski hanya memiliki satu dua orang teman dekat, orang dengan kepribadian ini akan menjaga dan merawat pertemanannya dengan baik.

3. Mudah Terdistraksi

Para introvert memiliki kecenderungan lebih suka menghabiskan waktu sendiri. Hal tersebut disebabkan oleh orang dengan kepribadian ini sering kali kewalahan jika harus berada di keramaian dan bertemu dengan banyak orang. Tak heran, mereka sering mudah terdistraksi.

Para introvert ini membuatnya sangat sulit untuk fokus dan berkonsentrasi saat harus melakukan sesuatu. Maka itu, jika merasa harus fokus, orang dengan kepribadian ini lebih senang jika bisa berada di tempat yang sepi dan tenang tanpa gangguan.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...