Mengenal Ciri-Ciri, Tipe, dan Arti Introvert

Dwi Latifatul Fajri
19 November 2021, 17:44
Introvert
pixabay.com/Bananayota
Penyebab Introvert

Introvert adalah salah satu tipe kepribadian yang lebih fokus pada pikiran, suasana hati, dan perasaan secara internal. Ada dua jenis tipe kepribadian yaitu introvert dan ekstrovert.

Tipe kepribadian introvert cenderung lebih menyukai waktu bersama satu atau 2 orang. Introvert lebih nyaman dan fokus ketika menghabiskan waktu untuk sendiri. Namun beberapa orang menganggap tipe kepribadian ini tidak suka berhubungan sosial dan cenderung pendiam.

Arti Introvert

Mengutip dari webmd.com, psikolog bernama Carl Jung memakai istilah introvert dan ekstrovert tahun 1920-an. Tipe kepribadian ini dibedakan dari cara mendapatkan atau menghabiskan energi mereka.

Tipe introvert cenderung lebih suka sendiri untuk memulihkan energi mereka. Berbeda dengan tipe ekstrovert yang lebih menyukai bertemu orang lain sesuai kebutuhan energi.

Dalam tipe kepribadian, introvert cenderung berpikir lebih dulu sebelum berbicara. Mereka juga tipe pemilih untuk mengungkapkan sesuatu pada orang lain. Selain itu, introvert senang berada di dalam kelompok kecil yang membuat mereka nyaman.

Tipe kepribadian sekarang ini bisa berkembang. Sekarang ini orang-orang tidak murni introvert atau ekstrovert. Jika berada di situasi atau tempat tertentu mereka akan mengeluarkan spektrum, sehingga bisa memiliki 2 tipe kepribadian. Dalam situasi tertentu seseorang bisa menjadi ambivert.

Contohnya tipe introvert bisa berakting dan bertemu banyak orang di tempat pesta. Tipe kepribadian ekstrovert bisa fokus mengerjakan pekerjaan sendirian.

Penyebab Introvert

Hingga kini ilmuwan belum menemukan penyebab tipe kepribadian. Namun mereka mengetahui tipe kepribadian memiliki kinerja otak yang berbeda.

Peneliti menemukan introvert mempunyai aliran darah yang lebih tinggi ke lobus frontal. Bagian otak tersebut membantu seseorang untuk mengingat sesuatu, memecahkan masalah, dan merencanakan masa depan.

Tipe kepribadian introvert bisa disebabkan karena dua faktor utama yaitu gen dan lingkungan. Mengutip dari healthline, secara genetik introvert bisa diwariskan melalui orang tua kandung atau keluarga.

Seseorang yang terlahir dari keluarga introvert akan mengembangkan kepribadian itu di lingkungan. Namun, gen tidak sepenuhnya berkontribusi pada tipe kepribadian ini.

Lingkungan menjadi tumbuh dan perkembang seseorang bisa berdampak pada tipe kepribadian. Contohnya saja, anggota keluarga merespon dan berperilaku bisa membantu membentuk kepribadian.

Faktor lingkungan penyebab introvert yaitu:

1. Gaya mengasuh anak.
2. Jenis pendidikan yang diterima.
3. Pengalaman dengan teman sebaya.
4. Pengalaman masa kecil dan pengalaman hidup.

Ciri-Ciri Introvert

Salah satu cara untuk mengetahui tipe kepribadian bisa dilakukan dengan seperti Myers-Briggs Type Indicator (MBTI) atau proyek SAPA. Umumnya introvert memiliki ciri-ciri antara lain:

Suka menghabiskan waktu sendiri

Introvert lebih menyukai waktu sendirian dibanding ekstrovert. Waktu sendirian ini bisa menjadi hal paling menyenangkan buat mereka. Lebih banyak sendiri bisa mengisi ulang energi positif untuk tipe kepribadian ini.

Tetapi introvert tidak menyendiri sepenuhnya dalam sehari. Mereka juga suka menghabiskan waktu dengan sahabat dan keluarga dekat.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...