Budaya Adalah Cara Hidup, Begini Penjelasannya

Image title
14 Januari 2022, 13:49
Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.
ANTARA FOTO/Reno Esnir/wsj.
Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Budaya adalah sesuatu yang barangkali sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Sebab, Tanah Air ini dikenal sebagai negara dengan kekayaan dan warisan budaya yang melimpah.

Tapi, apa sebenarnya budaya itu?

Advertisement

Pengertian Budaya

Budaya adalah cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh seseorang atau sekelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi.

Dari segi bahasa, budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia.

Dalam bahasa Inggris, kebudayaan disebut culture, yang berasal dari kata latin Colere, yaitu mengolah atau mengerjakan. Colere juga bisa diartikan sebagai mengolah tanah atau bertani. Kata culture terkadang diterjemahkan sebagai "kultur" dalam bahasa Indonesia.

Menurut Ahli

Menurut E.B Taylor, budaya adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat istiadat, serta kesanggupan dan kebisaan lain yang dipelajari manusia sebagai anggota masyarakat.

Selain E.B Taylor, beberapa ahli lain turut menyatakan buah pikirannya terkait definisi budaya, di antaranya:

Selo Soemardjan dan Soelaeman Somardi

Kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, dan cipta masyarakat.

Parsudi Suparian

Menurut Parsudi, budaya adalah pengetahuaan manuia yang dimanfaatkan untuk mengetahui dan memahami pengalaman dan lingkungan yang mereka alami.

Linton

Budaya adalah keseluruhan sikap dan pola perilaku serta pengetahuan yang merupakan suatu kebiasaan yang diwariskan dan dimiliki oleh suatu anggota masyarakat tertentu.

Budaya memengaruhi banyak aspek kehidupan, di antaranya agama, adat istiadat, politik, bahasa, pakaian, bangunan, hingga karya seni.

Jadi, kebudayaan merupakan sesuatu yang akan memengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak.

Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa perilaku dan benda-benda yang bersifat nyata, misalnya pola-pola perilaku, bahasa, peralatan hidup, organisasi sosial, religi, seni, dan lain-lain, yang semuanya ditujukan untuk membantu manusia dalam melangsungkan kehidupan bermasyarakat.

Ciri-ciri Budaya

Suatu budaya atau kebudayaan dapat diidentifikasi dengan ciri-ciri sebagai berikut:

  • Dinamis, artinya dapat berubah sepanjang waktu.
  • Universal, kendati universal perwujudannya memiliki ciri khusus tergantung situasi dan lokasinya.
  • Selektif, artinya mencerminkan pola perilaku pengalaman manusia secara terbatas.
  • Etnosenrik, menganggap budaya sendiri sebagai budaya yang terbaik.
  • Bersifat adaptif.

Unsur Budaya

Beberapa ahli menyebutkan beberapa unsur budaya yang berbeda. Seorang antropolog dan penulis buku asal Amerika Serikat, Melville Jean Herskovits, menjabarkan empat unsur pokok budaya, yaitu alat-alat teknologi, sistem ekonomi, keluarga, dan kekuasaan politik.

Di sisi lain, antropolog asal Polandia, Bronislaw Kasper Malinowski mengatakan unsur budaya meliputi sistem norma sosial, organisasi ekonomi, alat dan lembaga untuk pendidikan, dan organisasi kekuatan (politik).

Terakhir, antropolog alumnus Universitas Harvard, Clyde Kluckhohn, mengemukakan tujuh unsur budaya, yaitu bahasa, sistem pengetahuan, sistem teknologi dan peralatan, sistem kesenian, sistem mata pencaharian, dan sistem religi.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement