6 Warisan Budaya Indonesia yang Telah Ditetapkan Pemerintah

Image title
8 September 2021, 13:42
budaya Indonesia, warisan budaya Indonesia
Batang/Jateng/Roza/Jumadi/berita.batangkab.go.id
Dua Siswa penyandang disabilitas menari, tari merak dalam Peringatan Hari Disabilitas Internasional Tahun 2019 di Halaman Kantor Bupati Batang, Jumat (6/12).

Masyarakat Indonesia terdiri atas aneka ragam ras, etnik, kebudayaan, agama, dan bahasa. Keanekaragaman tersebut melahirkan berbagai warisan budaya yang tumbuh dan berkembang.

Warisan budaya adalah keseluruhan peninggalan kebudayaan yang memiliki nilai penting sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi, dan/atau kesenian. Budaya ini dimiliki bersama oleh seluruh masyarakat dan dilestarikan melalui perkembangan dari generasi ke generasi.

Pada tahun 2003, Indonesia meratifikasi Convention for the Safeguarding of Intangible Cultural Heritage sehingga wajib melakukan pencatatan seluruh budayanya sebagai upaya perlindungan dan pelestarian.

Dalam konvensi tersebut, beberapa warisan budaya Indonesia termasuk dalam warisan budaya tak benda (intangible cultural heritage). Artinya, warisan budaya ini hidup yang memiliki unsur filosofis dan sifatnya dapat berlalu dan hilang dalam waktu seiring perkembangan zaman. Contohnya adalah bahasa, musik, tari, upacara, serta berbagai perilaku terstruktur lain.

Dari data Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Indonesia telah menetapkan daftar warisan budaya tak benda. Pada 2020, terdapat total 9.770 warisan budaya yang dicatat dan 1.086 di antaranya telah ditetapkan sebagai warisan budaya takbenda. Berikut ini adalah warisan budaya Indonesia yang telah ditetapkan pemerintah.

1. Toge Panyabungan

Toge panyabungan adalah budaya Indonesia dalam bentuk makanan khas dan asli dari Kota Panyabungan, Sumatera Utara. Awalnya, makanan ini disajikan di sore hari menjelang waktu berbuka puasa. Panganan ini menjadi khas masyarakat Mandailing karena rasanya yang manis dan sesuai untuk menghilangkan rasa dahaga.

Saat ini, toge panyabungan mudah dijumpai di kota Panyabungan walaupun di luar bulan suci Ramadan. Pada saat berkunjung atau melewati kota tersebut, di pasar tradisionalnya, seperti Pasar Lama atau Pasar Baru Panyabungan, hidangan ini dapat ditemui dengan mudah.

Toge panyabungan merupakan hidangan favorit kebanyakan masyarakat Mandailing. Bahannya terdiri campuran dari lupis, pulut hitam, tapai pulut putih, bulatan-bulatan kecil sebesar biji salak (candil) yang disiram dengan kuah cendol bersantan, dan gula aren yang sudah dicairkan dengan campuran daun pandan. Saat Ramadan, akan lebih banyak ditemukan pedagang makanan ini, tak hanya di pasar-pasar tradisional tetapi juga di sepanjang jalan di Kota Panyabungan.

2. Pencak Silat

Pencak silat lebih dikenal sebagai jenis seni bela diri. Budaya Indonesia ini telah diturunkan dari generasi ke generasi. Selain aspek olahraga, tradisi pencak silat juga meliputi aspek mental-spiritual, bela diri, dan seni.

Istilah "pencak" lebih dikenal di Jawa, sedangkan istilah "silat" atau "silek" lebih dikenal di Sumatera Barat, untuk menyebut kelompok pencak silat yang memiliki banyak persamaan.

Selain menggunakan istilah lokal, setiap daerah memiliki jurus, gaya, musik pengiring, dan peralatan pendukung yang unik. Gerakan dan gaya dalam pencak silat sangat dipengaruhi oleh berbagai unsur seni.

Gerak dan gaya tersebut merupakan satu kesatuan gerak badan (wiraga), gerak perasaan (wirasa), dan gerak sesuai dengan musik pengiring (wirama). Perlengkapan pendukung pencak silat meliputi kostum, alat musik, dan senjata tradisional.

Praktisi pencak silat diajarkan untuk menjaga hubungannya dengan Tuhan, manusia, dan alam. Para praktisi ini juga dilatih dalam berbagai teknik untuk menghadapi serangan atau situasi berbahaya lainnya berdasarkan prinsip untuk melindungi dirinya sendiri dan orang lain, menghindari menyakiti pelaku, dan membangun persahabatan.

Makna budaya pencak silat yang erat kaitannya dengan identitas pribadi masing-masing perguruan dan setiap anggotanya berbeda-beda. Pilihan iringan, termasuk alat musik, jenis musik, cerita, dll, serta pilihan kostum sangat penting dalam mengembangkan identitas pribadi tersebut.

Halaman:
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...