Akulturasi Adalah Perpaduan Kebudayaan, Ini Penjelasannya

Image title
12 Januari 2022, 09:06
akulturasi adalah
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Pekerja menata batik di Oemah Batik Lasem, Karang Turi, Lasem, Rembang, Jawa Tengah, Jumat, (13/8/2021). Batik Lasem merupakan salah satu jenis batik pesisiran yang memiliki ciri khas tersendiri. Kekhasan tersebut merupakan hasil dari akulturasi dari budaya Tiongkok dan Jawa.

Akulturasi adalah proses perpaduan antara dua kebudayaan atau lebih sehingga melahirkan bentuk kebudayaan baru oleh suatu kelompok masyarakat tanpa menghilangkan ciri khas kebudayaan masyarakat itu sendiri.

Menurut Koentjaraningrat, akulturasi adalah proses sosial yang terjadi bila kelompok sosial dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada kebudayaan asing yang berbeda. Proses sosial itu akan berlangsung hingga unsur kebudayaan asing itu diterima masyarakat dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri.

Advertisement

Leininger mendefinisikan bahwa akulturasi adalah proses dimana seorang individu atau kelompok dari budaya A belajar bagaimana untuk mengambil nilai-nilai, perilaku, norma, dan gaya hidup budaya B.

Robert Redfield dan kawan-kawan mendefinisikan bahwa akulturasi adalah sebuah dari berbagai fenomena yang dapat timbul ketika adanya kelompok-kelompok individu yang memiliki perbedaan budaya asli dari salah satunya atau kedua kelompok.

Menurut Soerjono Soekanto, arti akulturasi adalah suatu proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok masyarakat dengan suatu kebudayaannya dihadapkan pada unsur-unsur kebudayaan asing di mana unsur-unsur kebudayaan asing tersebut lambat laun melebur ke dalam kebudayaan asli dengan tidak menghilangkan kepribadian kedua unsur kebudayaan tersebut.

Pengertian Akulturasi Budaya

Akulturasi budaya adalah suatu proses sosial yang muncul ketika sekelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan dengan unsur dari suatu kebudayaan asing. Berdasarkan buku Prasangka Agama dan Etnik, proses akulturasi budaya sejatinya adalah jalan tengah dari adanya heterogenitas masyarakat.

Koentjaraningrat menjelaskan bahwa akulturasi budaya adalah suatu proses, ketika sekelompok orang dengan budaya tertentu menghadapi elemen budaya asing yang akan diterima dan diproses menjadi budaya mereka sendiri tanpa menyebabkan hilangnya kebudayaan itu sendiri.

Proses Akulturasi Budaya

Mengutip buku Komunikasi Lintas Budaya, proses akulturasi budaya dalam masyarakat dapat terjadi dalam waktu yang singkat atau lama. Akulturasi terjadi dalam waktu yang lama apabila masuknya melalui proses pemaksaan yang berpotensi menimbulkan konflik sosial.

Sebaliknya, jika proses akulturasi terjadi secara damai, maka akan berlangsung secara cepat. Hasil proses akulturasi budaya lebih didasarkan pada kekuatan setiap budaya. Semakin kuat suatu budaya maka semakin cepat memengaruhi budaya lainnya.

Contoh proses akulturasi terlihat di daerah transmigrasi. Terjadinya transmigrasi di suatu daerah menyebabkan beberapa suku bangsa bertemu sehingga timbul akulturasi. Dalam proses akulturasi, terdapat persamaan dan perbedaan antar suku sehingga pada akhirnya budaya yang lebih kuat memiliki peran besar dalam proses akulturasi.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement