Indonesia Terima Bantuan 651.130 Dosis Vaksin AstraZeneca dari Jepang

Ameidyo Daud Nasution
20 Januari 2022, 15:02
astrazeneca, jepang, covid-19, vaksin
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Petugas medis menunjukan vaksin astrazeneca kepada warga RT 03/RW 03, Kelurahan Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur bersiap untuk melakukan suntik vaksin,Kamis (3/6/2021). Vaksinasi massal dilakukan usai ratusan orang dari kawasan tersebut terkonfirmasi positif Covid-19. Vaksinasi diberikan kepada warga yang sebelumnya telah dinyatakan negatif Covid-19 hasil swab PCR.

Jumlah stok vaksin yang diterima Indonesia terus bertambah. Pemerintah menerima tambahan 651.130 dosis vaksin AstraZeneca bantuan dari Pemerintah Jepang pada Rabu (19/1) malam.

Sebelumnya Pemerintah Jepang telah mendonasikan 1.175.800 vaksin AstraZeneca pada Selasa (18/1). Sedangkan pada 2021, Negeri Sakura telah mengirimkan 4,1 juta vaksin Covid-19 ke Indonesia.

"Ini merupakan komitmen Jepang memberikan 2,72 juta dosis vaksin tambahan kepada Indonesia," kata Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong dalam keterangan tertulis, Kamis (20/1).

Selain pemberian vaksin dengan mekanisme dose sharing, Jepang telah memberikan bantuan di bidang kesehatan kepada Indonesia. Beberapa di antaranya adalah donasi obat Avigan serta mobile x-ray. "Serta berbagai dukungan lainnya," kata Usman.

Pemerintah juga akan terus memacu vaksinasi demi mencapai kekebalan kelompok. Apalagi pada tahun ini Indonesia akan menjadi tuan rumah pertemuan G20.

"Target setidaknya 70% penduduk telah divaksinasi pada tahun ini. Untuk itu ketersediaan vaksin sangat penting," katanya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...