Inklusi Adalah Pendidikan dengan Pendekatan Terbuka, Ini Penjelasannya

Image title
25 Januari 2022, 14:36
Ilustrasi pendidikan inklusi yang memiliki pendekatan metode yang beragam, penuh variasi dan mengedepankan aspek kolaborasi, sehingga terbuka bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus. Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka
ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/tom.
Ilustrasi pendidikan inklusi yang memiliki pendekatan metode yang beragam, penuh variasi dan mengedepankan aspek kolaborasi, sehingga terbuka bagi anak-anak dengan kebutuhan khusus.

Dalam perkembangan pola pendidikan di Indonesia, muncul salah satu metode yaitu sekolah inklusi. Jenis sekolah ini masih tergolong asing bagi sebagian besar orang tua di Indonesia. termasuk bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan di sekolah inklusi.

Jenis sekolah yang satu ini memang tergolong baru di Indonesia dan baru tren belakangan ini. Maka, tak heran jika ada orang tua yang belum mengenal sekolah inklusi. Selain itu, sekolah inklusi umumnya hanya ada di kota-kota besar.

Karena ketidaktahuan tersebut, masih banyak orang tua yang belum tertarik menyekolahkan anaknya di sekolah inklusi. Padahal, sekolah ini bisa menjadi landasan yang kuat untuk membentuk karakter anak dan mengembangkan bakat yang mereka miliki. Jika bersekolah di sekolah umum, anak cenderung sulit berkembang karena dipaksa menguasai semua bidang.

Penjelasan Singkat Tentang Inklusi

Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun lingkungan yang terbuka untuk siapa saja dengan latar belakang dan kondisi yang berbeda-beda. Hal itu meliputi karakter, kondisi fisik, kepribadian, status, suku, budaya dan lain sebagainya.

Konsep inklusi tersebut berkembang dengan proses dimasukkannya ke dalam kurikulum di sekolah-sekolah. Bahkan, tidak sedikit sekolah yang mengangkat tema inklusi. Sehingga, bisa diartikan bahwa sekolah inklusi adalah salah satu jenis pendidikan yang memberi kesempatan bagi setiap anak untuk mendapatkan pendidikan yang layak.

 Selain itu, di dalam sekolah inklusi seorang dengan kebutuhan khusus juga melakukan kegiatan belajar bersama teman-teman lainnya. Namun, ada perbedaan metode pengajaran yang dilakukan pada anak normal dengan anak berkebutuhan khusus.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...