Metafora Adalah Gaya Bahasa Kiasan, Ini Fungsi dan Contohnya

Image title
24 Januari 2022, 16:15
Metafora adalah semacam analogi.
ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/foc.
Metafora adalah semacam analogi.

Metafora adalah majas yang digunakan untuk menyamakan sesuatu yang lainnya, atau dikenal dengan kiasan. Majas merupakan gaya bahasa yang digunakan untuk menyampaikan pesan dengan cara imajinatif.

Majas digunakan oleh seseorang untuk membuat pembaca memperoleh efek tertentu dari gaya bahasa tersebut yang cenderung ke arah emosional. Majas biasa tersemat dalam suatu karya sastra, baik cerpen maupun puisi.

Namun sebelum membahas lebih lanjut terkait metafora, ada baiknya untuk mengerti gaya bahasa kiasan terlebih dahulu.

Gaya Bahasa Kiasan

Dalam bahasa Indonesia, dikenal gaya bahasa kiasan yang dibentuk berdasarkan perbandingan atau persamaan. Membandingkan dalam hal ini berarti mencoba menemukan ciri-ciri yang menunjukan kesamaan antara kedua hal.

Ada dua pengertian perbandingan, yaitu perbandingan yang termasuk dalam gaya bahasa polos atau langsung (1) dan perbandingan dalam gaya bahasa kiasan (2).

Berikut contohnya:

(1) Dia sama pintar dengan kakaknya.

(2) Matanya seperti bintang timur.

Perbedaan antara kedua perbandingan di atas adalah dalam hal kelasnya. Perbandingan biasa mencakup dua anggota yang termasuk dalam kelas yang sama, sedangkan perbandingan kedua, sebagai bahasa kiasan, mencakup dua hal yang termasuk dalam kelas berlainan.

Untuk menetapkan suatu perbandingan apakah bahasa kiasan atau tidak, dapat dilakukan dengan memperhatikan tiga hal berikut:

  • Tetapkan kelas kedua hal yang diperbandingkan.
  • Perhatikan tingkat persamaan atau perbedaan kedua hal tersebut.
  • Perhatikan konteks di mana ciri-ciri kedua hal itu ditemukan.

Pengertian Metafora

Mengutip buku "Diksi dan Gaya Bahasa" oleh Gorys Keraf, metafora adalah semacam analogi yang membandingkan dua hal secara langsung, tetapi dalam bentuk yang singkat: bunga bangsa, buaya darat, buah hati, cindera mata, dan sebagainya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...