Singapura Tambah Investasi Rp 132 Triliun, Termasuk untuk Energi Hijau

Rizky Alika
25 Januari 2022, 15:55
singapura, investasi, energi hijau
Sekretariat kabinet/twitter
Presiden Joko Widodo dan PM Lee Hsien Loong melakukan swafoto dengan mengambil latar belakang pantai di The Shancaya Resort Bintan, Kab. Bintan, Kep. Riau, Selasa (25/01/2022).

Singapura berencana menambah investasi baru senilai US$ 9,2 miliar atau setara Rp 132,03 triliun (Rp 14.352 per US$), salah satunya untuk sektor Energi Baru Terbarukan (EBT).

Rencana tersebut disampaikan Perdana Menteri  (PM) Singapura Lee Hsien Loong saat memenggelar pertemuan bilateral dengan Presiden Joko Widodo di The Sanchaya Resort Bintan, Bintan, Kepulauan Riau pada Selasa (25/1).

"Investasi baru senilai US$ 9,2 miliar antara lain di bidang energi baru terbarukan di sekitar Batam serta Pulau Sumba dan Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur," kata Jokowi dalam keterangan video, Selasa (25/1).

Selain itu, investasi tersebut juga mencakup pembangunan logistik di Pelabuhan Tanjung Priok.

 Kepala Negara memastikan, investasi pada bidang EBT terus menjadi prioritas pemerintah. Hal ini untuk mendorong ekonomi hijau dan berkelanjutan di Tanah Air.

Guna mendukung investasi hijau, Indonesia dan Singapura juga menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) kerja sama pada bidang energi. Selain itu, kedua negara juga menandatangani kerja sama Green and Circular Economy Development.

Jokowi pun memastikan, Singapura menjadi investor terbesar di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Singapura selalu menempati urutan pertama dalam daftar investor asing terbesar di Indonesia.

Pada Januari-September 2021, Singapura telah menanam investasi senilai US$ 7, 27 miliar dengan total proyek mencapai 7.031.

 Dalam kesempatan itu, kedua negara juga melakukan sejumlah kesepakatan lain. Guna menjaga stabilitas finansial dan moneter, Indonesia dan Singapura telah menandatangani MoU kerja sama di sektor keuangan.

Pada November 2021 kedua negara telah memperpanjang kerja sama local currency bilateral swap agreement dan bilateral repo line selama satu tahun.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...