IKN Dirancang Jadi 10 Kota Paling Layak Huni di Dunia, Kemiskinan 0%

Image title
Oleh Maesaroh
21 Februari 2022, 17:29
ibu kota, IKN
ANTARA FOTO/Bayu Pratama S/wsj.
Pekerja mengoperasikan alat berat di dekat patok titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Minggu (6/2/2022).

Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kalimantan Timur akan dirancang menjadi kota yang cerdas, hijau, indah dan berkelanjutan. Kota tersebut bahkan dirancang untuk masuk 10 besar kota paling layak huni di dunia dengan tingkat kemiskinan 0%.

Tahapan pembangunan IKN tercantum dalam lampiran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang IKN. Dalam lampiran sebanyak 28 halaman tersebut, tahapan pembangunan IKN dijelaskan berdasarkan wilayah.

Advertisement

Ada tiga wilayah yang disebutkan yaitu:
1. Kawasan Pengembangan IKN (KPIKN) dengan luas wilayah kurang lebih 199.962 hektare.

2. Kawasan IKN (KIKN) dengan luas wilayah kurang lebih 56. 180 hektare.

3. Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) yang merupakan bagian dari KIKN dengan luas wilayah kurang lebih 6.671 hektare.

Selain menjadi smart city, IKN Nusantara dirancang menjadi kota yang sangat ramah lingkungan dengan konektivitas sebagus Paris, Tokyo, Singapura, dan Seoul.

IKN Nusantara akan memiliki enam klaster yaitu klaster industri teknologi bersih,  klaster farmasl terintegrasi,  klaster industri pertanian berkelanjutan, klaster ekowisata inklusif,  klaster kimia dan produk turunan kimia, dan klaster energi rendah karbon.

IKN Nusantara juga dirancang memiliki sistem transportasi yang memadai sehingga 80% dari semua perjalanan dilakukan dengan transportasi umum atau mobilitas aktif di seluruh kawasan IKN bahkan hingga 90%.

Baca Juga

Merangkum dari lampiran UU No 3 Tahun 2022 tentang IKN, berikut rancangan IKN Nusantara:

1. Pada tahun 2045, IKN Nusantara ditargetkan sudah masuk dalam 10 kota yang paling layak ditempati di dunia.
IKN Nusantara akan setingkat dengan 10 kota terbaik pada tahun 2019, misalnya Vienna, Melbourne, Osaka.

2.  Pada tahun 2045, sebanyak 50-75% dari 256 ribu hektare IKN Nusantara akan berisi ruang hijau dengan rincian 65% area dilindungi dan 10% produksi makanan.

3. Pada tahun 2045, sebanyak 100% penggantian ruang hijau untuk setiap bangunan bertingkat institusional, komersial, dan hunian (bangunan >4 lantai). Level 100% tersebut akan menyamai Singapura yang dijuluki city of nature.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement