ITB Usul Model Living Lab Pengembangan Kota Pintar untuk Negara G20

Agustiyanti
11 Maret 2022, 11:11
G20, presidensi G20, katadataG20
G20.org
Ilustrasi. Indonesia menjadi presidensi pertemuan G20 pada tahun ini.

Institut Teknologi Bandung (ITB) mengusulkan model laboratorium hidup atau living lab untuk mengembangkan kota pintar atau smart city  dalam ringkasan kebijakan atau policy brief dalam pertemuan negara G20.

Living lab adalah area terbatas dari sebuah kota yang dapat dikendalikan dan dapat diawasi untuk menguji sebuah solusi dan melakukan penyesuaian variabel- variabel penting," kata ujar Rektor ITB Reini Wirahadikusumah dalam webinar bertajuk “Setting Priorities: Smart Ways to Make Indonesian Cities Smarter”, Kamis.

Ia menjelaskan, pusat penelitian ini diharapkan mengundang semua pihak, pemerintah, industri, dan siapapun yang ingin bergabung dalam upaya untuk meningkatkan pendekatan yang dilakukan living lab.

Reini menekankan, ITB berkomitmen untuk berkontribusi terhadap Indonesia, terutama dalam mengembangkan kota- kota yang mampu membantu proses transformasi digital lebih optimal. ITB saat ini mempunyai sebuah pusat riset bernama SCCIC atau Smart City and Community Innovation Center (Pusat Kota Pintar dan Inovasi Masyarakat).

SCCIC juga dipercaya sebagai institusi tuan rumah untuk gugus tugas nomor 2 atau Host Institution for Task Force number 2, salah satu Think Tank 20 of G20.

“Ini merupakan kehormatan bagi ITB, dan tentunya yang lebih penting adalah bukti nyata kontribusi ITB dalam memajukan negara-negara G20 dan dunia secara umum,” ujar perempuan pertama yang menjabat sebagai Rektor ITB itu.

Sebelum memasuki era kota pintar, menurut dia, bidang-bidang keahlian perencanaan perkotaan, arsitektur, dan rekayasa lingkungan mempunyai kontribusi lebih kepada pengembangan berbagai kota di Indonesia.

SCCIC merupakan salah satu pusat riset dan pengembangan multidisiplin dengan para ahli dari berbagai bidang untuk mendukung pengembangan sistem-sistem pintar, termasuk kota-kota pintar.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...