Luhut Minta Cina Percepat Proyek Kereta Cepat, Beroperasinya Juni 2023

Agustiyanti
30 Maret 2022, 20:43
luhut, kereta cepat, kereta cepat jakarta-bandung, cina
Dokumentasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan meminta pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung dipercepat.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dan Duta Besar Cina Lu Kang meninjau proyek kereta cepat Jakarta-Bandung pada Rabu (30/3). Dalam kunjungan tersebut, Luhut meminta Lu Kang mendorong kontraktor asal Cina untuk mempercepat penyelesaian pembangunan proyek strategis nasional tersebut. 

“Percepatan perlu segera dilakukan mengingat comercial operation date rencananya akan dilakukan pada Juni 2023,” ujar Luhut.

Advertisement

Kunjungan dilakukan untuk mengecek perkembangan pembangunan proyek kereta cepat, tepatnya di Subgrade #33 dan Tunnel #6. Luhut dan Lu Kang bersama rombongan menuju pembangunan KCIC menggunakan kereta inspeksi dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Plered. 

Luhut mengatakan, proyek ini memang sempat tertunda beberapa bulan akibat adanya longsor yang menganggu pengerjaan proyek. Namun setelah peninjauan ini, menurut dia, pengerjaan proyek dapat kembali dilakukan terutama untuk menyelesaikan pembangunan utama di Tunnel #6.

Luhut berharap progres pekerjaan dapat ditingkatkan dari 1,6% menjadi 2% per bulan. “Setelah agenda kunjungan ini, kami akan berkomunikasi dengan kontraktor dari Cina dan menanyakan apakah ada pekerjaan yang masih terkendala dan tertunda, serta  segera dicarikan solusinya,” kata Lu Kang menanggapi permintaan Luhut. 

Luhut juga meminta kepada PT Wijaya Karya Tbk selaku kontraktor dari pihak Indonesia untuk memberikan kualitas terbaiknya dalam pengerjaan proyek. Ia juga meminta seluruh isu yang masih tertahan terkait pengerjaan proyek dapat dibahas pada pertemuan yang akan diagendakan dalam dua minggu ke depan. “Ini agar semua masalah dapat terselesaikan dengan baik,” katanya.

Ia memastikan pengerjaan pembangunan kereta cepat masih terjadwal dengan baik hingga saat ini. Uji coba rencananya akan dilakukan pada bulan Februari 2023 dari Stasiun Padalarang sampai Stasiun Tegalluar. 

“Sejauh ini semua perkembangan dari pekerjaan Kereta Cepat Jakarta – Bandung dapat berjalan dengan baik dan memuaskan, kerja sama antara Indonesia dan Tiongkok juga terjalin dengan baik,” kata Luhut.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement