Pengertian Abstrak, Ciri-Ciri, Jenis, Struktur, dan Contohnya

Image title
4 April 2022, 09:28
Ilustrasi. Abstrak adalah ringkasan isi laporan yang ditulis dengan singkat dan padat dalam 250-400 kata atau kurang. Abstrak berisi pokok masalah, tujuan, metode, data, dan kesimpulan dalam bentuk paragraf.
Pexels/Lum3n

Suatu karya tulis ilmiah mengandung abstrak yang terletak di awal. Abstrak adalah ringkasan isi laporan yang ditulis dengan singkat dan padat dalam 250-400 kata atau kurang. Abstrak berisi pokok masalah, tujuan, metode, data, dan kesimpulan dalam bentuk paragraf. Fungsi abstrak adalah memudahkan pembaca untuk memahami karya tulis secara garis besar.

Abstrak merupakan bagian penting dari suatu karya ilmiah karena ini merupakan bagian yang pertama kali dibaca oleh pembaca atau penguji. Penulisan abstrak sebaiknya dilakukan setelah penelitian selesai, karena abstrak berisi ringkasan dari keseluruhan penelitian.

Ciri-Ciri Abstrak

Mengutip buku Metode Penulisan dan Penyajian Karya Ilmiah, ciri-ciri abstrak adalah sebagai berikut.

  • Merupakan uraian ringkas, cermat dan menyeluruh yang mewakili keseluruhan isi judul. Abstrak dapat berdiri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh sehingga dapat dimuat dalam majalah khusus abstrak.
  • Tanpa komentar dari pembuatnya, hanya berisi apa yang diterangkan dalam karya tulis ilmiah.
  • Terletak di awal sebagai penyedia informasi dari karya ilmiah.
  • Isi abstrak terdiri dari 250-400 kata atau kurang.
  • Dalam abstrak tidak ada pergantian paragraf.
  • Huruf yang digunakan dalam abstrak sebaiknya berbeda besarnya dengan ukuran huruf dalam isi karya ilmiah.
  • Biasanya menggunakan kalimat pasif.
  • Tidak mengandung kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik, dan tabel.
  • Di bawah abstrak tercantum kata-kata kunci sebanyak tiga hingga 10 kata yang digunakan untuk mengindeks karya ilmiah.

Jenis Abstrak

Menurut buku Teknik Menelusuri dan Memahami Artikel Ilmiah di Jurnal Nasional dan Internasional, abstrak dibedakan berdasarkan fungsi dan orientasi pembaca. Jenis abstrak dibagi menjadi dua, yaitu:

1. Abstrak Indikatif

Abstrak indikatif adalah abstrak yang menyajikan uraian secara singkat mengenai masalah yang terkandung dalam laporan atau karya ilmiah. Abstrak indikatif bertujuan agar pembaca mengetahui isi informasi tanpa memadatkan isi, hanya memberikan indikasi sasaran cakupan tulisan.

Abstrak indikatif biasanya dibuat jika karya ilmiah belum selesai dibuat tetapi harus mencantumkan abstrak terlebih dahulu untuk kepentingan simposium, seminar, atau kongres.

2. Abstrak Informatif

Abstrak informatif adalah miniatur laporan atau karya ilmiah asli yang berisi data dan informasi secara lengkap. Dalam abstrak informatif terkandung judul, penulis, institusi, tujuan, metode dan analisis laporan, hasil penelitian, dan simpulan. Informasi dalam abstrak informatif disampaikan secara tuntas, sehingga pembaca cukup mengetahui abstrak tanpa perlu membaca keseluruhan karya ilmiah.

Struktur Penulisan Abstrak

Mengutip buku Pedoman Penulisan Skripsi dan Karya Ilmiah, berikut struktur penulisan abstrak.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...