Pendaftaran STAN 2022 Sudah Dibuka, Apa Saja Syaratnya?

Siti Nur Aeni
11 April 2022, 14:58
Poster pengumuman pendaftaran STAN 2022
instagram.com/pknstan/
Poster pengumuman pendaftaran STAN 2022

Pendaftaran STAN 2022 sudah dibuka. Politeknik Keuangan Negara STAN atau PKN STAN merupakan sekolah kedinasan yang memiliki banyak peminat. Sama seperti sekolah kedinasan 2022 lainnya, STAN juga menjdi karir bagi setiap alumninya.

Mereka yang lulus dari sekolah tinggi ini, akan ditempatkan di beberapa instansi sebagai PNS. Nantinya mereka akan bekerja untuk melayani masyarakat sesuai dengan bidang yang mereka dalami selama kuliah di STAN.

Di tahun ini, PKN STAN membuka formasi sebanyak 750 untuk tiga program studi yaitu program studi Diploma IV Akuntansi Sektor Publik, Diploma IV Manajemen Keuangan Negara, dan Diploma Manajemen Aset Publik.

Berdasarkan Pengumuman Nomor Peng-59/PKN/2022 tentang Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Program Studi Diploma IV Politeknik Keuangan Negara STAN Tahun 2022, ada dua program dalam pendaftaran STAN 2022. Berikut penjelasannya.

  1. Program reguler: program penerimaan mahasiswa baru dari seluruuh Indonesia yang ditujukan untuk mengisi formasi pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga lain, atau Pemerintah Daerah.
  2. Program afirmasi: program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan Nusa Tenggara Timur (NTT) untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan. Khusus untuk Provinsi Papua dan Papua Barat berasal dari program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) dan non-ADEM/umum.

Syarat Daftar STAN 2022

Dalam pengumuman tersebut juga dijelaskan sederet persyaratan yang harus dipenuhi peserta seleksi SPMB STAN 2022. Adapun syarat pendaftaran STAN 2022 sebagai berikut:

  1. Lulusan (tahun 2021 dan sebelumnya) atau calon lulusan (tahun 2022) seluruh SMA/sederajat.
  2. Untuk peserta lulusan 2021/sebelumnya harus memiliki nilai ujian ijazah tidak kurang dari 70,00 dalam skala 100.
  3. Untuk calon lulusan 2022, memiliki nilai rata-rata rapor seluruh komponen pengetahuan lima semester tidak kurang dari 70,00 dengan skala 100, dengan ketentuan saat daftar ulang, yang bersangkutan telah dinyatakan lulus dan mempunyai rata-rata nilai ujian di ijazah kurang dari 70,00 dalam skala 100.
  4. Usia maksimal 21 tahun dan usia minimal 15 tahun per 1 September 2022.
  5. Telah mendaftar LTMPT untuk mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tahun 2022.
  6. Mempunyai nilai UTBK Tes Potensi Skolastik (TPS) minimal 600 dan Tes Bahasa Inggris (TBI) minimal 450 untuk peserta program reguler. Atau TPS minimal 400 dan TBI minimal 375 untuk peserta program afirmasi.
  7. Sehat jasmani, rohani, dan bebas NAPZA.
  8. Bagi peserta laki-laki, tidak bertato/bekas tato, dan tidak bertindik/bekas ditindik di telinga atau bagian tubuh lain, kecuali karena ketentuan adat atau agama.
  9. Bagi peserta wanita tidak bertato/bekas tato, dan tidak bertindik/bekas ditindik selain di telinga. Tindik/bekas tindik di telinga juga tidak boleh lebih dari satu pasang.
  10. Belum menikah dan bersedia tidak menikah selama pendidikan.
  11. Peserta tidak pernah dinyatakan lulus pada pengumuman penerimaan mahasiswa baru PKN STAN di tahun sebelumnya.
  12. Khusus program, berikut beberapa persyaratan tambahan yang harus dipenuhi.
  13. Peserta dari Afirmasi Pedidikan Menengah Atas (ADEM) atau sederajat, harus memiliki surat keterangan dari SMA/sederjat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM Provinsi Papua dan Papua Barat.
  14. Peserta Afirmasi non-ADEM Papua, non-ADEM Papua Barat, serta Afrimasi Maluku, Maluku Utara, dan NTT:
  • Telah menyelesaikan SD/sederajat, SMP/sederajat, dan SMA/sederajat di Provinsi Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT.
  • Mempunyai garis keturunan dari ayah atau ibu kandung asli dari Papua, Papua Barat, Maluku, Maluku Utara, dan NTT.
  • Memiliki rekomendasi dari SMA/sederajat.

Dokumen yang Menjadi Syarat Pendaftaran STAN 2022

Selain persyaratan umum yang telah disebutkan di atas, peserta SPMB PKN STAN juga harus menyiapkan beberapa dokumen penting yang diperlukan dalam pendaftaran STAN 2022. Adapun dokumen yang disyaratkan, sebagai berikut:

  1. Pas foto latar belakang merah, mengenakan kemeja putih polos. Untuk perempuan yang berjilbab, mengenangkan jilbab warna putih polos. Ukuran foto maksimal 300 kb dengan format jpg.
  2. KTP untuk peserta yang usia udah 17 tahun. Bagi yang belum memiliki KTP, diperbolehkan menggunakan Kartu Keluarga. Ukuran file maksmal 200 kb dengan format jpg.
  3. Kartu peserta UTBK dengan ukuran maksimal 500 kb berformat pdf.
  4. Rapor SMA semester gasal - genap untuk kelas X dan XI, serta semester gasal kelas XII untuk lulusan 2022. Dokumen dijadikan dalam satu file berukuran 1000 kb dengan format pdf.
  5. Ijazah SMA untuk lulusan 2021/sebelumnya, dengan format pdf dan ukuran maksimal 1000 kb.
  6. Kartu Keluarga denganf format pdf berukuran maksimal 700 kb.
  7. Untuk peserta Afirmasi ADEM Papua dan Papua Barat menggunggah dokumen lain yang bisa diunduh di http://bit.ly/FormPesertaADEMSPMBPKNSTAN.
  8. Peserta Afirmasi non-ADEM Papua dan Papua Barat, serta Afirmasi Maluku, Maluku Utara, dan NTT harus mengunggah ijazah SD dan SMP, akta kelahiran peserta, KTP ayah dan ibu kandung, serta surat rekomendasi sekolah yang bisa diunduh di http://bit.ly/FormRekomendasiAfirmasiSPMBPKNSTAN.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...