Rincian Gaji PNS 2022 beserta Tunjangannya yang Perlu Dipahami

Siti Nur Aeni
19 Januari 2022, 08:09
Rincian Gaji PNS beserta Tunjangannya yang Perlu Dipahamai
ANTARA FOTO/Galih Pradipta
Pegawai negeri sipil (PNS) Badan Kepegawaian Daerah (BKD) di Balai Kota, Jakarta, Senin (3/7).

Pegawai Negeri Sipil atau PNS masih menjadi pekerjaan yang banyak diminati, termasuk oleh generasi muda di Indonesia. Berdasarkan survei yang dilakukan pada tahun 2019 lalu, PNS menduduki posisi kedua sebagai pekerjaan yang paling disukai setelah wirausaha. Gaji PNS yang tetap menjadi salah satu pemicunya.

Banyak orang berpendapat gaji sebagai PNS lebih stabil dibandingkan pekerjaan lainnya. Tak hanya itu, pekerjaan sebagai PNS juga dianggap sebagai pekerjaan yang menjamin masa depan dan hari pensiun kelak. Lantas berapakah sebenarnya gaji dan tujangan PNS di Indonesia? Temukan jawabannya diulasan berikut ini.

Apakah Gaji Pokok PNS Naik?

Kabar tentang gaji pokok PNS akan naik mulai dibicarakan banyak orang. Tapi, apakah hal tersebut benar? Melansir dari tulisan di katadata.co.id, disebutkan bahwa Presiden Joko Widodo tidak menyinggung perihal kenaikan gaji PNS dalam pidato pengantar Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2022.

Walaupun demikian, pemerintah mengalokasikan belanja pegawai naik, dari Rp421,1 triliun di tahun 2021 menjadi Rp426,76 triliun di tahun ini. Presiden Jokowi juga memaparkan bahwa anggaran yang ada masih difokuskan pada penanganan pandemi dan dampaknya.

Hal serupa juga dipaparkan oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo kepada cnbcindonesia.com, yang menyebutkan bahwa ia belum bisa berkomentar lebih jauh terkait kenaikan gaji pokok PNS. Sebab saat ini keuangan negara masih berfokus pada penanganan pandemi covid-19.

Kenaikan gaji PNS sendiri terakhir kali dilakukan pada tahun 2019 yang naik sebesar 5%. Pada saat itu, kenaikan gaji direalisasikan pada awal April 2019 dan kenaikan pada Januari – Maret 2019 dibayar secara rapel.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...