Menelaah Manfaat Energi Matahari bagi Manusia dan Kehidupan di Bumi

Image title
14 April 2022, 13:33
manfaat energi matahari bagi manusia
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Ilustrasi, Matahari.

Matahari merupakan sumber energi yang paling besar di dunia, dan mempunyai beragam manfaat bagi kehidupan makhluk hidup yang ada di Bumi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), matahari adalah bintang yang merupakan pusat tata surya, memancarkan panas dan cahaya ke Bumi dan planet-planet lain yang mengedarinya, sebagian besar kandungannya berupa hidrogen dan helium.

Advertisement

Lantas, apa sebenarnya energi matahari itu dan apa saja kegunaannya? Simak ulasan singkat berkut ini.

Manfaat Energi Matahari

Mengutip sunenergy.id, energi matahari merupakan energi yang dihasilkan dari pancaran panas sinar matahari. Sebagai salah satu sumber energi yang paling besar di muka bumi, sinar panas matahari mampu menunjang keberlangsungan hidup seluruh makhluk hidup.

Dapat dikatakan, bahwa energi yang dipancarkan oleh matahari memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan di Bumi, baik untuk kebutuhan jangka pendek maupun jangka panjang.

Sebagai sumber energi utama bagi kehidupan makhluk hidup di Bumi, matahari sangat bermanfaat bagi segala aspek kehidupan. Berikut beragam manfaat energi matahari bagi manusia dan makhluk hidup di Bumi.

1. Manfaat Energi Matahari bagi Manusia

Berbeda dengan sumber energi lain, matahari merupakan sumber energi yang tidak memiliki batas dan masuk dalam kategori renewable energy. Keberadaan energi matahari memberikan segudang manfaat bagi manusia, antara lain:

  • Sebagai sumber vitamin D, yang sangat dibutuhkan tubuh manusia.
  • Sebagai sumber listrik. Pemanfaatan energi matahari sebagai sumber listrik dilakukan melalui pembangkit listrik tenaga surya (PLTS)
  • Memberikan pencahayaan alami bagi manusia.
  • Membakar lemak dalam tubuh, sehingga secara tidak langsung mampu untuk menurunkan berat badan.
  • Berperan sebagai fotoreseptor, yang mampu meredakan rasa sakit dan stress. Penelitian menunjukkan, paparan sinar matahari membuat orang merasa lebih nyaman dan tidak stress.
  • Dapat memaksimalkan fungsi metabolisme tubuh.
  • Menyembuhkan gangguan kulit tertentu.

Itulah beberapa manfaat energi matahari bagi manusia. Perlu diingat, beberapa manfaat ini didapat dengan catatan tubuh menerima paparan energi matahari secara wajar.  Terlalu lama terpapar sinar matahari justru mendatangkan efek negatif bagi tubuh.

Pasalnya, sinar matahari terdiri dari berbagai jenis radiasi, mulai dari sinar kosmik, sinar gamma, sinar X (X-Ray), ultra violet (UV). Sinar UV ini termasuk did alamnya sinar UVC, UVB and, UVA.

Jenis radiasi yang berbahaya, seperti sinar kosmik, sinar gamma, X-Ray dan UVC memang tersaring oleh atmosfer. Namun, jenis radiasi lainnya seperti UVB, UVA, dan sinar inframerah mencapai permukaan bumi dan mempengaruhi tubuh manusia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement