Tebarkan Senyum Sehat Lewat 13th SATU Indonesia Awards 2022

Padjar Iswara
Oleh Padjar Iswara - Tim Riset dan Publikasi
20 April 2022, 10:16
Satu Indonesia Awards
Astra

“Pengalaman adalah guru terbaik”. Ungkapan sederhana tersebut sarat makna mendalam bahwa dengan berlalunya waktu seseorang kerap memetik pelajaran dari pengalamannya, baik atau pun buruk.  

Ungkapan itu juga yang melatari kisah perjuangan dari penerima apresiasi Semangat Astra Terpadu untuk (SATU) Indonesia Awards 2021 bidang kesehatan, yaitu Rahmad Maulizar dan pekerja seni serta aktris film Jessica Mila. 

Keduanya merupakan sosok anak muda yang berhasil belajar dari pengalaman masa lalunya dan memutuskan bergerak maju membuat perubahan bagi sekitarnya. 

Melalui acara Inspiranation with 13th SATU Indonesia Awards 2022 bertema “Sehat Bersama, Melalui Inovasi Karya Anak Muda” yang dibawakan oleh host Tarra Budiman secara virtual (15/4), Rahmad berbagi cerita tentang perjalanannya dalam memberikan senyum untuk anak penderita sumbing di kampung halamannya. 

Dulu, Rahmad merupakan penderita bibir sumbing selama 18 tahun yang berhasil menjalani operasi gratis pada 2011. 

Setelah merasakan senyuman sempurna yang menghasilkan harapan hidup baru baginya, ia kemudian mendedikasikan dirinya untuk membantu memberikan kesempatan kepada setiap anak penderita bibir sumbing. 

Hal itu agar mereka dapat tersenyum kembali lewat operasi gratis di Rumah Sakit Malahayati Banda Aceh dari Smile Train Indonesia. 

“Setelah saya merasakan sempurnanya senyum saya, akhirnya saya ingin turut menyebarkan kebaikan yang sama bagi penderita bibir sumbing dan langit-langit mulut di Aceh,” ujar Rahmad menjelaskan tujuan hidupnya saat ini. 

Selain Rahmad, pekerja seni Jessica Mila juga berbagi kisahnya dalam mendukung anak-anak pejuang kanker lewat kampanye #AnakKankerBisaSembuh. 

Berawal dari kisah adik sepupunya yang mendapatkan pengobatan kurang maksimal saat menderita kanker kelenjar getah bening, ia terpanggil untuk terlibat secara aktif dalam mendukung anak-anak pejuang kanker agar mendapatkan perhatian dan bantuan yang dibutuhkan. 

Hadir juga sebagai pembicara adalah Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sekaligus juri SATU Indonesia Awards ke-13 tahun 2022 Prof. Nila Moeloek.

Dia  turut berharap agar generasi muda Indonesia dapat terus membuat karya inovatif yang bermanfaat serta dapat diakses oleh semua kalangan masyarakat, khususnya dalam bidang kesehatan sebagai modal dasar dari sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. 

“Mari manfaatkan timing ini untuk menimbulkan banyak ide yang bisa kita gunakan untuk kebaikan,” kata Prof. Nila Moeloek.”Kita bersama, kita menjadi kuat, dan SDM kita berkualitas dimulai dari kesehatan.” 

Antar Ribuan Anak Dapatkan Senyuman dan Harapan Baru

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...