Diawali Upacara, Jokowi Terima Kedatangan PM Jepang Kishida

Amelia Yesidora
29 April 2022, 17:29
jokowi, jepang, kisihida
Sekretariat Presiden
Presiden Jokowi menerima kedatangan PM Jepang Fumio Kishida di Istana Bogor, Jumat (29/4). Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi menyambut kedatangan delegasi Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat sore ini (29/4). Dari siaran langsung kanal YouTube Sekretariat Presiden, PM Kishida tiba di kawasan Istana Kepresidenan Bogor sekitar pukul 15.45 WIB.

Sesampainya di Istana, PM Jepang diiringi dengan pasukan pengamanan Presiden, marching band, pasukan berkuda, dan penyambut yang memakai pakaian adat Nusantara dengan melambaikan bendera Jepang dan Indonesia.

Setelah Presiden Jokowi menyambut PM Kishida, upacara penyambutan pun dimulai dengan lagu kenegaraan dari masing-masing negara. Upacara ini juga diiringi oleh penembakan 19 tembakan meriam.

Sebagai sebuah rutinitas penerimaan tamu negara ke Istana Kepresidenan Bogor, Presiden Jokowi dan PM Kishida Fumio lalu melakukan veranda talk di ruang belakang istana. Kemudian mereka berdua menanam pohon cendana bersamadi halaman belakang Istana Kepresidenan Bogor. 

Setelah itu presiden akan melakukan pertemuan bilateral untuk membahas mengenai kerjasama yang akan dijalin antara Indonesia dan Jepang. Usai itu, keduanya akan memberikan keterangan pers bersama.

Hadir dalam acara tersebut, Menteri Koordinasi (Menko) Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Kemudian, hadir juga Direktorat Jenderal Asia Pasifik dan Afrika Kementerian Luar Negeri Abdul Kadir Jailani dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Heri Akhmadi.

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...