PM Jepang Akan Temui Jokowi di Istana Bogor, Bahas Perang di Ukraina?

Agustiyanti
29 April 2022, 09:31
Fumio Kishida, PM Jepang
MOFAJapan_en/twitter
PM Jepang Fumio Kishida akan melakukan lawatan ke Indonesia pada 29-30 April.

Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida akan mengunjungi Presiden Joko Widodo di Istana Bogor pada Jumat (29/4). Kedua pemimpin negara ini akan membahas isu G20 hingga perang yang berlangsung di Ukraina. 

Berdasarkan informasi yang diterima Katadata.co.id, upacara penyambutan kunjungan resmi Kishida di Istana Kepresidenan Bogor dijadwalkan pukul 15.40 WIB. Lawatan Kishida di Indonesia akan berlangsung selama dua hari hingga besok (30/4).

Direktur Asia Timur dan Pasifik Kementerian Luar Negeri Santo Darmasumato mengatakan, Indonesia adalah negara pertama yang dikunjungi Kishida dalam lawatan ke Indonesia, Vietnam, Thailand, Italia, dan Inggris. Indonesia juga merupakan negara kedua di Asia yang dikunjunginya setelah resmi menjabat sebagai PM Jepang menggantikan Yoshihide Suga. 

Kishida pada Maret 2022 melakukan kunjungan luar negeri pertama ke Kamboja yang menjadi keketuaan ASEAN pada tahun ini. 

Santo mengatakan, pertemuan antara Kishida dan Jokowi yang berlangsung sore ini akan fokus membahas upaya agar kemitraan ekonomi kedua negara dapat meningkat. Keduanya juga akan membahas upaya berama memulihkan ekonomi di tingkat kawasan dan global. 

“Terkait isu-isu di kawasan dan dunia, kedua pemimpin akan membahas isu G20 dan perang di Ukraina,” ujarnya. 

Jepang saat ini adalah penanam modal terbesar ketiga di Indonesia. Investasinya mencapai US$ 825 juta pada kuartal pertama tahun ini. 

 

 

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...