Hepatitis Akut Serang Anak-Anak, Dokter Waspadai Penularan saat PTM

Amelia Yesidora
10 Mei 2022, 18:07
hepatitis akut, ptm, sekolah, dokter
ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.
Siswa antre untuk memeriksa suhu tubuh sebelum melakukan kegiatan belajar mengajar di SDN 065 Cihampelas Bandung, Jawa Barat, Senin (7/2/2022). Foto: Antara.

Penyakit hepatitis akut saat ini mulai muncul di Indonesia dan menginfeksi anak-anak. Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) juga mewaspadai potensi penularan saat Pembelajaran Tatap Muka (PTM). 

Meski demikian, IDAI belum akan mengeluarkan rekomendasi atas sekolah tatap muka. Ini lantaran mereka masih melakukan kajian bagaimana intensitas kasus hepatitis akut di tanah air. 

“Maka waspada kalau sudah PTM, protokol kesehatan tetap dilakukan oleh anak-anak kita. Kita akan terus lakukan kajian dan informasinya akan dinamis tergantung keadaan,” ujar Ketua Umum IDAI dr Piprim Basarah Yanuarsa dalam seminar daring pada Selasa (10/5).

Sebelumnya Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan kemungkinan penyebab dari hepatitis akut ini adalah adenovirus strain 141. Kemenkes dan IDAI masih terus melakukan investigasi penyebab penyakit ini hingga melakukan rapat koordinasi mingguan.

“IDAI setiap Senin mengadakan rapat koordinasi. Pada rapat terakhir itu berbagai daerah belum banyak melaporkan, baru Tulungagung dan Sumatera Barat. Tapi itupun kasusnya belum masuk kriteria probable,” jelas Piprim.

Selaras dengan Piprim, Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastrohepatologi IDAI Muzal Kadim mengatakan rekomendasi ini masih belum dikeluarkan lantaran bukti atas penyebab penyakit ini masih belum jelas.

“Waktu Covid-19 (menyebar) kan juga seperti itu, butuh bukti-bukti dulu. Kita harus hati-hari dan lebih seksama menilainya ini,” kata Muzal. 

Halaman:
Reporter: Amelia Yesidora
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...