Gangguan Cerna Jadi Gejala Awal Kenali Hepatitis Akut Anak

Intan Nirmala Sari
7 Mei 2022, 15:11
hepatitis akut, hepatitis misterius, idai
123rf.com
Ilustrasi anak sakit di rumah sakit

Ketua Unit Kerja Koordinasi (UKK) Gastro-Hepatologi, Ikatan Dokter Anak Indonesia atau IDAI, Dr dr Muzal Kadim, SpA(K) mengatakan ada beberapa gejala untuk mengenali risiko munculnya hepatitis akut pada anak. Gejala tersebut terbagi menjadi dua, yakni gejala ringan hingga gejala berat. 

Muzal menyebutkan hepatitis akut ditularkan melalui oral, seperti saluran cerna, meliputi mulut, tangan yang masuk ke mulut, alat makanan, makanan itu sendiri, hingga air. Dia juga menyatakan adanya potensi penyebaran droplet atau melalui percikan napas.

Advertisement

"Sebagian besar adalah gejala saluran cerna, biasanya anaknya muntah, diare, sakit perut, demam, karena infeksi sering disertai demam," kata Muzal dalam wawancara virtual, Sabtu (7/5).

Gangguan saluran cerna tersebut masuk ke dalam kategori gejala ringan. Untuk penanganan awal, orang tua bisa memberikan obat penurun panas hingga obat diare, sekaligus memastikan apakah gejala tersebut hanya diare biasa, atau merujuk ke arah hepatitis.

Selain itu, orang tua perlu memastikan bahwa anak tidak mengalami dehidrasi dan memberikan asupan cairan secara berkala. "Kalau gejala hilang, berarti itu diare biasa, tapi kalau berlanjut, sebaiknya dibawa (ke fasilitas kesehatan)," ujarnya.

Gejala lebih lanjut berupa bagian tubuh menguning, mulai dari mata dan menyebar ke badan. Jika muncul gejala tersebut, anak bisa dikategorikan mengalami gejala berat. 

Tahap selanjutnya, kesadaran anak berpotensi menurun, khususnya ketika sel-sel hati mengalami banyak kerusakan akibat serangan virus. Kerusakan sel hati yang besar atau fulminant akan semakin memperparah gejala, bahkan berisiko mengakibatkan kejang dan berisiko kematian.

"Sejak dini kita harus aware, waspada pada kasus-kasus gejala saluran cerna, demam, kuning, air kencing berwarna seperti teh. Itu perlu mendapatkan pertolongan ke Puskesmas dan Rumah Sakit," kata Muzal. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement