Instansi Adalah Sebuah Badan atau Lembaga, Ini Penjelasannya

Image title
12 Mei 2022, 15:08
instansi adalah
ANTARA FOTO/Aprillio Akbar
Ilustrasi, Komisi Yudisial sebagai salah satu instansi pemerintahan.

Instansi adalah suata kata yang cukup sering kita dengar, khususnya dalam suatu urusan administrasi. Dalam praktiknya sejumlah instansi memiliki tujuan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat. Lalu, apa sebenarnya instansi itu dan apa saja jenis-jenisnya?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), instansi adalah badan pemerintah umum (seperti jawatan, kantor), kejadian (pelanggaran, penemuan, dan sebagainya) atau bagian dari departemen daerah yang mengurus dan menyelenggarakan suatu tugas secara luas di lingkungannya.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan kalau instansi merupakan perusahaan atau badan yang melakukan kegiatan kepada masyarakat. Atau singkatnya, badan pemerintah umum. Itulah sebabnya banyak yang memahami instansi sebagai lembaga pemerintah.

Instansi Pemerintah dan Swasta

Kendati dikenal sebagai lembaga pemerintah, nyatanya instansi juga ada yang bukan milik pemerintah atau dikenal dengan instansi swasta. Walaupun sama-sama melayani masyarakat, instansi pemerintah dan swasta memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pada Pasal 1 angka 15, dikatakan bahwa instansi pemerintah adalah instansi pusat dan instansi daerah. Sedangkan instansi swasta adalah biasanya lembaga yang bertanggung jawab pada pemegang saham dan direktur utama.

Mengutip Cermati, instansi pemerintah adalah seluruh lembaga milik pemeritah yang menjalankan fungsi administrasi dari pemerintah pada lingkungan eksekutif. Pelaksanaan fungsi administrasi tersebut berlaku baik pada pemerintah pusat ataupun daerah.

Sementara instansi swasta merupakan badan usaha atau bisnis yang didirikan dan dimodali oleh seseorang atau kelompok yang mempunyai tujuan untuk memeroleh keuntungan secara maksimal, untuk kebutuhan pengembangan bisnis dan mengembalikan modal. Dengan begitu, instanis swasta dan terus beroperasi dan bersaing dengan instansi swasta lainnya dalam melayani kebutuhan masyarakat.

Adapun contoh instansi pemerintah, di antaranya Komisi Yudisial (KY), Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta Badan Tenaga Nuklir Nasional. Sedangkan contoh instansi swasta, seperti PT HM Sampoerna Tbk dan PT Astra International Tbk.

Perbedaan Instansi Pemerintah dan Swasta

Instansi pemerintah juga dikenal dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Seluruh modal badan usaha ini dimiliki oleh pemerintah. Sedangkan instansi swasta dikenal dengan Badan Usaha Milik Swasta (BUMS) yang bertujuan meraup profit.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...