Administrasi Adalah Ilmu Pengaturan Kebijakan, Ini Penjelasannya

Image title
24 Januari 2022, 17:19
Ilustrasi penyusunan strategi administrasi dalam perusahaan. Administrasi adalah aktivitas atau bentuk usaha yang memiliki kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai target organisasi.
Pexels.com/Christina Morillo
Ilustrasi penyusunan strategi administrasi dalam perusahaan.

Bagi Anda yang memiliki perusahaan atau lembaga yayasan, tentu akrab dengan istilah dalam ilmu administrasi. Administrasi menjadi penting karena bagian dari pengelolaan perusahaan, yang meliputi pendataan dan pengaturan hal-hal berkaitan dengan berbagai aspek perusahaan agar bisa dioptimalkan.

Term administrasi identik dengan kegiatan catat-mencatat, surat-menyurat dan sebagainya. Hal inilah yang menjadikan setiap lembaga, instansi dan perusahaan memiliki sistem administrasi. Di mana aktivitas tersebut dilaksanakan ahlinya, yang disebut administrator atau staf administrasi.

Administrasi dalam pola kerja perusahaan, karena dapat membantu memudahkan pekerjaan baik yang bersifat formal maupun non formal. Terutama dalam hal pengelolaan data-data, adanya administrasi menjadikan pengelolaan tersebut lebih mudah dan tepat. Mungkin selama ini sebagian dari Anda sering melakukan pekerjaan administrasi tetapi belum tahu bahwa pekerjaan tersebut termasuk bentuk administrasi. Berikut penjelasannya:

Penjelasan Singkat Administrasi

Sebagaimana dikutip dari buku Manajemen Administrasi Perkantoran karya Ida Nuraida, bahwa administrasi adalah aktivitas atau bentuk usaha yang memiliki kaitan erat dengan berbagai pengaturan kebijakan dengan tujuan agar mencapai target organisasi. Oleh karenanya dapat disimpulkan bahwa administrasi memiliki peran yang begitu krusial bagi semua aktivitas perusahaan atau organisasi.

Di sisi lain dapat diartikan pula, bahwa administrasi adalah bentuk aktivitas yang meliputi surat menyurat, catat-mencatat, ketik-mengetik, pembukuan sederhana serta kegiatan lainnya yang bersifat teknis ketatausahaan. Administrasi juga merupakan bentuk proses kerjasama antara beberapa orang dengan tujuan agar mendapatkan target dengan memanfaatkan sarana maupun prasarana tertentu yang memiliki daya guna.

Fungsi Administrasi

Dalam lalu lintas keuangan perusahaan, administrasi menjadi penting karena memiliki beberapa fungsi antara lain:

1. Bentuk Perencanaan

Perencanaan merupakan kegiatan perencana yang memerlukan sebuah aktivitas administrasi mulai dari mengumpulkan data, mengolah data hingga menyusun perencanaan.

2. Proses Penyusunan

Administrasi berfungsi sebagai penyusun dalam upaya membangun setiap komunikasi serta hubungan antar anggota atau karyawan secara mudah dipahami untuk mencapai tujuan sebuah organisasi atau perusahaan.

3. Fungsi Koordinasi

Dalam organisasi atau perusahaan, maka coordinating dilakukan supaya kegiatan perusahaan dapat berjalan lancar dan baik sehingga dapat menghindari adanya bentrok, kekosongan aktivitas dan kekacauan. Hal ini bisa berdampak secara positif untuk kelangsungan sebuah perusahaan ke depannya.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...