Formula E Digelar Hari ini, Jokowi Akan Saksikan Langsung

Agustiyanti
4 Juni 2022, 10:15
formula E, Jokowi, ajang balap formula e
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (tengah), bersama Ketua Formula E Jakarta Ahmad Sahroni (kanan) dan Chief Championship Officer Formula E Alberto Longo (kiri) meninjau paddock tim balap Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Jakarta, Jumat (3/6/2022). Formula E akan dihadiri langsung Presiden Jokowi

Ajang balap internasional Formula E akan digelar pada hari ini, Sabtu (4/1). Presiden Joko Widodo dijadwalkan akan menyaksikan secara langsung bakalan mobil listrik ini di Sirkuit Formula E, Ancol, Jakarta. 

"InsyaAllah Bapak Presiden diagendakan untuk menonton langsung Formula E," kata Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Jumat (4/2). 

Balap Formula E pada hari ini merupakan yang pertama kalinya digelar di Indonesia. Ini merupakan seri balapan Formula E kesembilan untuk kompetisi 2022. Ajang bertajuk 2022 Jakarta E-Prix tersebut akan diikuti oleh 22 pembalap yang tergabung dalam 11 tim.

Sebelum menyaksikan balapan, Presiden Jokowi rencananya akan melakukan grid walk bersama dengan Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua Pelaksana Formula E Jakarta Ahmad Sahroni, Chief Championship Officer & Co-Founder Alberto Longo, dan lima pembalap.

"Presiden juga akan menyapa sekaligus berfoto bersama dengan para pembalap," ujar Heru. 

Presiden Jokowi pada pekan lalu (25/4) telah meninjau langsung perkembangan proyek pembangunan Sirkuit Formula E Jakarta.

Dikutip dari jadwal resmi Jakarta E-Prix 2022, Federasi Otomotif Internasional (FIA) telah melakukan uji sirkuit dari pukul 10.00 hingga 14.10 WIB pada kemarin (3/6). Dalam rentan waktu tersebut, FIA juga telah melakukan pengecekan terhadap para pebalap.

Adapun hari ini akan menjadi hari yang padat bagi para pebalap. Dimulai dengan pemeriksaan medis oleh FIA pada pukul 06.55 WIB, para pebalap akan memulai latihan bebas, yang akan dilanjutkan dengan kualifikasi pada siang hari.

Berikut jadwal Jakarta E-Prix, Sabtu, 4 Juni 2022.
07.15 - 07.45 WIB Latihan Bebas 1
09.00 - 09.30 WIB Latihan Bebas 2
10.40 - 10.52 WIB Kualifikasi Grup A
10.57 - 11.09 WIB Kualifikasi Grup B
11.17 - 11.32 WIB Quarter Final
11.36 - 11.46 WIB Semifinal
11.50 - 11.55 WIB Final
15.04 WIB Balapan

Jakarta E-Prix 2022 akan memanas dengan pertarungan sengit para pebalap yang berebut podium. Pebalap tim Mercedes-EQ Stoffel Vandoorne menduduki puncak klasemen dengan perolehan 111 poin.

Pebalap Rokit Venturi Racing Edoardo Mortara berada di peringkat kedua, disusul secara berurutan oleh Jean-Eric Vergne dari DS Techeetah, Mitch Evans dari Jaguar TCS Racing dan Robin Frijns dari Envision Racing menutup lima besar.

Berada di peringkat keenam, pebalap Mercedes-EQ keturunan Belanda-Indonesia, Nyck De Vries, yang sukses memenangi Berlin E-Prix bulan lalu, bertekad untuk mengulang momen naik podium di Jakarta. Dia berharap dapat membuat tanah leluhurnya bangga.

Berikut klasemen saat ini, dikutip dari laman resmi Formula E.

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...