Tren Peningkatan Kebutuhan Talenta Digital Sektor Kesehatan

Sahistya Dhanesworo
Oleh Sahistya Dhanesworo - Tim Riset dan Publikasi
15 Juni 2022, 16:50
Indonesia diprediksi akan membutuhkan setidaknya 9 juta jiwa talenta digital, termasuk di sektor kesehatan atau healthtech.
ANTARA FOTO/Rahmad/tom.

Era digital membawa perubahan besar dalam berbagai aspek kehidupan manusia, tak terkecuali kesehatan. Dewasa ini, masyarakat dapat mengakses layanan kesehatan tanpa perlu beranjak dari tempat mereka. 

Menjamurnya startup kesehatan atau healthtech di Indonesia memungkinkan masyarakat untuk berkonsultasi dengan tenaga kesehatan tanpa perlu mengantri. Bagi masyarakat yang tinggal jauh dari fasilitas kesehatan, keberadaan healthtech membuat layanan kesehatan terasa dekat. Hal ini tentu mendorong terwujudnya pelayanan kesehatan yang lebih luas serta efisien.

Namun demikian, meskipun opsi healthtech semakin banyak tetap ada sebagian masyarakat yang belum mengetahui apalagi memanfaatkannya. Edukasi dan sosialisasi dinilai sebagai salah satu tantangan tersendiri yang memengaruhi kondisi ini.

Saat ini, setidaknya ada lima startup healthtech besar di Indonesia, yaitu HaloDoc, Alodokter, KlikDokter, Konsula, dan Dokter.id.

Layanan healthtech tak terbatas pada pemeriksaan dan konsultasi pasien, namun juga reservasi perawatan serta pengiriman obat-obatan ke rumah dengan pembayaran via online

Selain itu, melalui healthtech masyarakat juga dapat memantau informasi terkait pelayanan di fasilitas kesehatan serta edukasi kesehatan lewat artikel-artikel yang dipublikasikan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...