Disidang Dewan Pengawas KPK, Ini Deretan Polemik Lili Pintauli Siregar

Image title
5 Juli 2022, 07:47
Lili Pantauli Siregar, KPK, sidang etik
ANTARA FOTO/Septianda Perdana
Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar akan menghadapi sidang etik pada hari ini, Selasa (7/6).

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Lili Pintauli Siregar akan menjalani sidang etik oleh Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada Selasa (5/7).  Sidang etik digelar sebagai buntut dugaan gratifikasi yang diterima Lili, berupa tiket menonton MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat.

“Sidang etik LPS tetap digelar sesuai jadwal, Selasa 5 Juli 2022 pukul 10.00 WIB,” ujar Anggota Dewas KPK Syamsudin Haris saat dimintai konfirmasi oleh Katadata.co.id pada Selasa (5/7). 

Ia menjelaskan, sidang akan digelar tertutup, tetapi putusan hasil sidang akan disampaikan secara terbuka oleh Dewas KPK. Hal tersebut telah sesuai dengan Pasal 8 Ayat 1 Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 3 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Persidangan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK. 

Lili sempat dikabarkan mengajukan pengunduran diri. Namun, Syamsudin enggan memberikan respons terkait kabar tersebut. 

Adapun sidang etik digelar sebagai buntut dugaan gratifikasi yang diterima Lili berupa tiket menonton MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat pada 18-20 Maret lalu. Dewas KPK telah meminta keterangan dari Dirut PT Pertamina Nicke Widyawati dalam dugaan pelanggaran kode etik. Dugaan tersebut dilaporkan oleh Mantan Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko.

“Kejadian seperti ini membuat KPK sangat terpuruk dan sangat tidak lagi dipercayai publik,” ujar Sujanarko, dalam keterangan tertulis pada Sabtu (9/4). 

Halaman:
Reporter: Ashri Fadilla
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...