Jokowi Tanggapi Isu soal Restu untuk Prabowo Jadi Capres 2024

Lavinda
Oleh Lavinda
13 Agustus 2022, 17:43
Jokowi
ANTARA FOTO/HO/Biro Pers Setpres/Lukas/nym.
Presiden Joko Widodo (kiri) saling memberi salam dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto (kanan) saat bersilaturahim pada hari pertama Idul Fitri 1443 Hijriah di Istana Kepresidenan Yogyakarta, Senin (2/5/2022).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi isu yang menyebut dirinya telah memberikan restu kepada Menteri Pertahanan Prabowo Subianto untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

"Istilahnya, saya kira, karena menyampaikan kepada saya, masa saya bilang jangan. Ndak, kan nggak begitu. Ya, silakan," kata Jokowi seperti dikutip Antara, Jumat (12/8).

Advertisement

Menurut Jokowi, sistem demokrasi memang seperti itu. Tidak mungkin dirinya, sebagai Kepala Negara, mengatakan tidak ketika ada menteri yang menyampaikan keinginannya maju dalam pilpres.

"Silakan bahwa itu ditafsirkan sebagai restu. Ya silakan saja," ujar Jokowi.

Sebelumnya, Sekjen DPP Partai Gerindra Ahmad Muzani mengatakan Rapimnas Partai Gerindra yang dihadiri 8.500 kader, menghendaki Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto maju sebagai capres pada Pilpres 2024. Rapimnas itu digelar di Sentul International Convention Center, Jawa Barat, Jumat (12/8).

Muzani mengatakan, salah satu hal yang melandasi suara kader Gerindra bulat mendukung Prabowo sebagai capres ialah karena sosok mantan Pangkostrad itu dinilai populer dari hasil survei dan tidak pernah bergeser dari komitmen menjaga keutuhan negara RI.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement