Alasan Jokowi Tunjuk Azwar jadi Menpan RB: Pengalaman Urus Banyuwangi

Rizky Alika
7 September 2022, 16:36
jokowi, azwar anas, birokrasi
ANTARA FOTO/Budi Candra Setya/wsj.
Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas menyampaikan pidato pada acara pembukaan Banyuwangi Festival 2021 di Pendopo Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (17/2/2021).

Presiden Joko Widodo menunjuk Abdullah Azwar Anas menjadi Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara (Menpan RB). Jokowi menilai, Anas memiliki pengalaman dalam mengurus birokrasi.

"Azwar Anas kan sepak terjangnya jelas waktu memegang birokrasi di Banyuwangi," kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta, Rabu (7/9).

Presiden telah melihat langsung kinerja Azwar Anas ketika di Banyuwangi. Saat itu, Azwar berinovasi pada bidang pelayanan publik, pengurusan KTP, dan perizinan.

Saat itu, pengurusan perizinan di Banyuwangi bisa dilakukan di pasar hingga mal. Jokowi menilai, Azwar bisa menjadikan Banyuwangi sebagai pemda pertama yang berinovasi dalam hal tersebut. "Itu sebabnya kami memilih Azwar Anas," ujar dia.

Mantan Wali Kota Solo itu berharap, Azwar dapat mengurus birokrasi dengan cepat. Dengan demikian, birokrasi pemerintah memiliki kedisiplinan yang tinggi.

Di luar itu, Kepala Negara tidak memberikan tugas khusus kepada rekan separtainya itu. "Beliau tidak usah diberikan tugas khusus. Sudah mengerti," ujar Jokowi.

Di kesempatan yang sama, Azwar Anas mengatakan, ia akan menyelesaikan program prioritas dari sisi birokrasi. "Misalnya birokrasi terlibat dalam penanganan kemiskinan, stunting," katanya.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika, Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...