Memahami Pengertian, Komponen, dan Contoh Slip Gaji Karyawan Swasta

Ghina Aulia
16 September 2022, 00:04
contoh slip gaji karyawan swasta
pexels/Karolina Grabowska
Ilustrasi, menghitung gaji.

Slip gaji merupakan salah satu dokumen penting yang dikeluarkan untuk kepentingan internal perusahaan. Kepentingan yang dimaksud, adalah untuk karyawan perusahaan. Dokumen ini dikeluarkan sebagai pendamping ketika perusahaan membayarkan gaji karyawan.

Dokumen ini berguna sebagai alat transparansi perusahaan kepada karyawan atas nominal imbalan yang menjadi hak karyawan.

Biasanya slip gaji diberikan dalam bentuk secarik kertas yang memuat nominal upah dan keterangan lainnya. Namun, sekarang sudah banyak yang berbentuk online atau digital.

Nah, seperti apa detail mengenai dokumen ini? Ulasan berikut ini, akan membahas mengenai pengertian, format dan komponen pembentuknya, dan contoh slip gaji.

Pengertian Slip Gaji

Mengutip gajitim.com, slip gaji adalah dokumen berupa bukti resmi penerimaan gaji atau upah yang diterima oleh karyawan dari pemberi kerja.

Dalam dokumen tersebut, terdapat beberapa informasi yang berkaitan dengan penghasilan karyawan. Ini mulai dari jumlah gaji pokok, tunjangan, sampai dengan potongan pajak PPh 21.

Slip gaji wajib dibuat oleh perusahaan, sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan. Pasal 17 Ayat (2) PP 78/2015 menyebutkan bahwa perusahaan wajib memberikan bukti pembayaran upah yang diterima oleh pekerja/buruh pada saat upah dibayarkan.

Adapun fungsi dari dokumen ini untuk perusahaan, adalah untuk dokumentasi pencatatan pengeluaran gaji yang dibayarkan perusahaan. Selain itu, slip gaji juga berfungsi sebagai laporan keuangan perusahaan, serta bukti resmi bahwa perusahaan telah membayarkan gaji kepada karyawan.

Sementara, bagi karyawan, slip gaji berfungsi sebagai bentuk transparansi perusahaan kepada karyawan. Dengan adanya dokumen ini, perusahaan membantu karyawan untuk mengetahui rincian dan komponen gaji lainnya dengan cermat.

Format dan Komponen Slip Gaji

Setiap perusahaan biasanya memiliki format yang berbeda terkait slip gaji. Namun, ada beberapa komponen dasar yang pasti ada di setiap dokumen ini.

Adapun, komponen penting yang wajib tercantum pada slip gaji, adalah sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...