Dampak BBM Naik, 946.000 Anak Yatim dan 334 Ribu Lansia Dapat Bansos

Rizky Alika
16 September 2022, 14:30
bansos, anak, harga BBM
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/foc.
Personel TNI mendokumentasikan warga penerima bantuan tunai PKL dan Warung (BTPKLW) di Makodim 0616 Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (9/10/2021). Foto: Antara.

Pemerintah mendorong penyaluran bantuan sosial (bansos) di tengah kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM). Menteri Sosial Tri Rismaharini mengatakan, ia akan menyalurkan bansos untuk anak yatim, disabilitas, hingga lansia.

Ini dilakukan lantaran Kementerian Sosial mendapatkan tambahan anggaran dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Dana itu akan digunakan untuk penyaluran bansos kepada 946.863 anak yatim piatu. Setiap anak akan memperoleh dana sebesar Rp 200 ribu per bulan.

"Kami dapat tambahan anggaran dari Kemenkeu sebesar Rp 400 miliar," kata Risma di Istana Kepresidenan Jakarta, Jumat (16/9).

Selain itu, pemerintah akan memberikan bansos untuk 334.011 lansia tunggal di atas 80 tahun. Bansos diberikan untuk lansia yang sendiri dan tidak ada keluarga yang merawat.

Bansos yang disalurkan berupa makanan untuk setiap hari. Adapun, dana bansos akan diberikan kepada RT/RW di wilayah penerima bansos.

"Pak RT, Pak RW untuk setiap hari beri makanan lansia yang sudah tidak berdaya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...