Jokowi Marah, RI Punya Tambang Aspal Tapi Impor 5 Juta Ton/Tahun

Rizky Alika
27 September 2022, 15:11
jokowi, impor, aspal
Dok. Kementerian BUMN
Presiden Joko Widodo menghadiri BUMN Start Up Day Tahun 2022 di Tangerang, Senin (26/09/2022).

Pemerintah ingin menekan impor komoditas sumber daya alam. Presiden Joko Widodo pun ingin menghentikan impor aspal atau bitumen mulai 2024. 

Padahal Indonesia memiliki tambang aspal di Buton. Pemerintah saat ini juga ingin menciptakan nilai tambah produk aspal produksi dari kepulauan di Sulawesi Tenggara tersebut.

"Tadi sudah kami putuskan, dua tahun lagi tidak ada impor aspal," kata Jokowi saat meninjau pabrik aspal PT Wika Bitumen, Buton, Selasa (27/9). Keputusan ini sudah berdasarkan kajian dengan para menteri.

Kepala Negara mengatakan, Buton memiliki potensi besar, yaitu 662 juta ton aspal. Namun, Indonesia masih saja mengimpor aspal sekitar 5 juta ton per tahun. Akibatnya, produksi aspal di wilayah tersebut tidak berjalan karena terus mengimpor.

Jokowi berharap, Buton akan memiliki industri hilirisasi aspal untuk menciptakan nilai tambah. "Semua berjalan, tidak hanya ambil material mentah saja," ujar dia.

Untuk itu, ia mempersilakan BUMN, swasta, hingga perusahaan asing untuk menggarap potensi aspal di Buton tersebut. Dengan demikian, ada nilai tambah berupa pajak, royalti, dividen, hingga penciptaan lapangan kerja di Buton.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...