Konversi Batal, PLN Tetap Lanjutkan Program Uji Coba Kompor Listrik

Happy Fajrian
29 September 2022, 17:22
kompor listrik, pln, konversi kompor elpiji,
PEXEL
Ilustrasi kompor listrik induksi.

PT PLN (Persero) tetap melanjutkan pilot project uji coba konversi kompor elpiji ke kompor listrik induksi di Solo, Jawa Tengah, dan Denpasar, Bali, meski program ini telah dinyatakan batal.

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan hasil uji coba di dua daerah ini tetap dilanjutkan dan hasilnya akan dilaporkan kepada pemerintah.

“(Uji coba) jalan. Di Solo dan Denpasar. Kami melihat nanti perilaku dari pelanggan ini seperti apa, kemudian kita catat kelemahannya seperti apa, kelebihannya apa, tentunya akan kita report kepada pemerintah,” katanya dalam acara Ngopi BUMN di Jakarta, Kamis (29/9).

Adi menjelaskan program konversi kompor LPG ke kompor listrik memang sudah dibatalkan atas imbauan pemerintah menyusul kondisi sosial ekonomi masyarakat.

Begitu pula rencana pengadaan kompor listrik induksi yang ditargetkan bisa mencapai 300 ribu unit untuk 15,3 juta pelanggan juga resmi dibatalkan. “Iya, nggak jadi,” imbuhnya singkat.

Adi menyebut PLN melihat ada peluang pengembangan kompor listrik. Itu sebabnya hingga kemudian PLN diminta untuk melakukan uji coba atau pilot project di dua kota yaitu Solo dan Denpasar.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...