Sandiaga: Sail Tidore 2022 Bantu Kejar Target 1,1 Juta Lapangan Kerja

Nadya Zahira
12 Oktober 2022, 07:15
sandiaga, sail tidore, sail tidore 2022, lapangan kerja
ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/tom.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno menyebut Sail Tidore 2022 menjadi salah satu festival unggulan pariwisata Indonesia pada tahun ini.

Pemerintah akan menggelar Festival pelayaran internasional, Sail Tidore 2022 pada bulan depan.  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyakini festival tersebut akan membantu mengejar target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di sektor ekonomi kreatif pada 2024.

"Jadi kami optimis, ini dapat menjadi bagian daripada penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru pada 2024 di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif," ujar Sandiaga Uno di Auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, pada Selasa (11/10).

Sandiaga menjelaskan, Sail Tidore 2022 ini merupakan bagian dari pariwisata minat khusus, terutama untuk wisata bahari. Festival ini menjadi salah satu event unggulan Indonesia pada tahun in dandiharapkan menarik lebih banyak minat wisatawan mancanegara dan nusantara untuk berwisata di Indonesia. 

"Sail Tidore menjadi salah satu event yang akan kita unggulkan sebagai iconic event," ujarnya.

Sandiaga menargetkan acara yang akan digelar pada 24-29 November 2022 di Maluku Utara ini dapat menarik kunjungan sebanyak 30 sampai 50 ribu wisatawan.  

 “Target kunjungan sedang kita finalisasi, tapi ini bisa menarik kunjungan antara 30-50 ribu kunjungan ke Seal Tidore ini dalam empat hari,” ujar Sandiaga.

Sandiaga menjelaskan acara tersebut bukan hanya melibatkan kapal-kapal besar, tetapi juga nelayan dengan perahu yang disolek.

“Juga produk-produk ekonomi kreatif yang akan ditampilkan seperti kuliner khas Maluku Utara maupun juga fesyen dan kerajinan tangan,” ujarnya.

Reporter: Nadya Zahira
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...