Mengenal 4 Jenis Satuan Suhu di Termometer

Dwi Latifatul Fajri
18 Oktober 2022, 18:40
satuan suhu
pixabay.com/Gundula Vogel
Ilustrasi, Termometer

Suhu adalah ukuran suatu panas atau dingin suatu benda. Suhu berkaitan dengan energi getaran dan gerakan molekul penyusun benda. Suhu nol mutlak menjelaskan molekul tidak memiliki energi sama sekali.

Alat yang dipakai untuk menghitung suhu adalah termometer. Cara kerja termometer yaitu sifat pemuaian dan penyusutan benda. Hal ini terjadi karena perubahan suhu. Skala termometer ini menggunakan konsep pemuaian ketika zat cair dipanaskan.

Satuan suhu adalah jenis satuan yang dipakai sebagai patokan atau standar. Berdasarkan Satuan Internasional (SI) adalah Kelvin. Penemu skala Kelvin adalah William Thomson. Skala Kelvin berbeda dari skala lain karena tidak menggunakan simbol derajat. Sehingga Kelvin adalah unit ukuran absolut bukan lagi skala ukuran.

Satuan Suhu

Satuan baku adalah satuan yang sudah diakui secara internasional. Contoh satuan baku yaitu meter, sekon, dan kilogram. Syarat satuan SI yaitu tidak mengalami perubahan meski dipengaruhi apapun, tidak mudah ditiru, dan berlaku di semua tempat.

Ada juga satuan tidak baku yang tidak diakui secara internasional. Misalnya jengkal dan hasta yang dipakai untuk mengukur panjang di Indonesia. Contoh lain satuan baku yaitu penggunaan feet di Amerika Serikat untuk menghitung kaki. Ada juga inch untuk menghitung panjang.

Berdasarkan kongres perhimpunan fisika internasional tahun 1954, satuan suhu adalah Kelvin (K). Penemu skala Kelvin adalah Lord William Thomson Kelvin (1824 - 1907). Dia menetapkan nol mutlak sebesar -2730C, berdasarkan gerak partikel yang bertambah lambat. Kemudian partikel tersebut berhenti pada suhu -2700C.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...