Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Secara Online

Ghina Aulia
19 Oktober 2022, 13:49
Cara cek pajak kendaraan bermotor secara online
pexels/Mateusz Dach
ilustrasi dua orang menumpangi sepeda motor

Memiliki kendaraan pribadi mengharuskan pemiliknya untuk lebih telaten. Lantaran urusan administrasi terkait tumpangan tersebut juga harus aktif.

Pasalnya, ketidaklengkapan surat menyurat biasanya menyebabkan peluang untuk ditilang. Selain itu, legalitas keberadaan kendaraan juga ditangguhkan.

Sesuai pada pembahasan kali ini, mungkin beberapa dari Anda harus menyimaknya. Tidak lain adalah bagaimana cara cek pajak kendaraan bermotor secara online.

Kendaraan bermotor sendiri menjadi yang paling banyak dimiliki orang Indonesia. Selain relatif mudah digunakan, harganya juga lumayan terjangkau dibanding tumpangan beroda empat.

Memiliki motor pun tetap harus seksama memastikan surat menyuratnya lengkap. Misalnya, seperti Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK), Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) dan tak lupa Surat Izin Mengemudi (SIM) yang wajib dikantongi pengendara.

Hal tersebut harus diperhatikan adalah pajak kendaraan. Perlu diketahui pajak harus dibayar setiap tahunnya. Dengan nominal yang tak menentu, tergantung kendaraan dan faktor lainnya. Anda bisa memastikannya dengan pihak yang berwenang.

Ada pun lembaga yang berhak mengurusi pajak kendaraan adalah Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Umumnya Samsat memiliki banyak cabang, yakni pada kabupaten atau kota setiap provinsi yang ada di Indonesia.

Mengenal Samsat

Sebelum banyak membahas cara pengecekan pajak, akan lebih baik apabila mengerti apa itu Samsat sendiri. Maka dari itu, simak tulisn berikut ini.

Melansir situs BBPRD milik pemerintahan Sumatera Utara, Samsat dibawahi oleh Samsat Utama. Tugasnya adalah untuk memperlancar dan mempercepat pelayanan kepentingan masyarakat yang kegiatannya diselenggarakan dalam satu gedung.

Diketahui juga bahwa ada tiga instansi yang mengelolanya. Di antaranya adalah PT Jasa Raharja, Kepolisian Republik Indonesia (POLRI) dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda).

Tentu Samsat sendiri memiliki berbagai administrasi yang merupakan layanan utama mereka. Di antaranya adalah berikut ini:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...