5 Urutan Lapisan Atmosfer Berdasarkan Lapisan Suhu

Dwi Latifatul Fajri
8 November 2022, 10:24
Urutan Lapisan Atmosfer
www.westmeathindependent.ie
Ilustrasi, cuaca cerah.

Atmosfer bumi adalah lapisan gas yang mengelilingi bumi. Ada 5 lapisan atmosfer bumi dari permukaan sampai jauh di luar angkasa. Atmosfer paling bawah memiliki ketinggian 0 km di atas permukaan tanah. Ketinggian lapisan pertama sekitar 560 km di atas permukaan bumi.

Lapisan gas di atmosfer tersusun dari nitrogen, oksigen, karbondioksida, argon, uap air, dan gas lain. Mengutip dari buku Fisika Atmosfer, setiap lapisan ini memiliki perbedaan reaksi kimia, ionisasi, dan suhu. Misalnya lapisan eksosfer paling atas sangat tipis dan renggang. Atmosfer teratas ini memiliki partikel yang bergerak bebas dan lepas dari tarikan gravitasi bumi.

Berdasarkan perbedaan tingkatan suhu, ada 5 lapisan atmosfer. Urutan paling bawah yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer, dan eksosfer. Lapisan paling bawah ini digunakan sebagai jalur transportasi pesawat terbang. Berikut urutan lapisan atmosfer bumi berdasarkan lapisan suhu.

Urutan Lapisan Atmosfer dari Bawah ke Atas

1. Troposfer

Lapisan atmosfer paling bawah adalah troposfer. Lapisan paling bawah ini sangat tebal terdiri dari air, gas, dan debu. Troposfer menyebabkan terjadinya perubahan musim, cuaca, dan hujan. Ketinggian troposfer sekitar 0-12 km.

Lapisan troposfer ini terdiri dari 75% massa gas, air, dan debu. Perbedaan suhu pada troposfer bisa diamati di antara pantai, dataran rendah, dan puncak pegunungan. Perbedaan terjadi ketika suhu di pegunungan lebih rendah dibanding suhu pantai dan dataran rendah.

Manfaat troposfer menjadi lapisan pelindung dari sengatan radiasi. Sehingga lapisan paling bawah ini membantu kehidupan makhluk hidup. Lapisan tropopause merupakan lapisan yang membatasi antara stratosfer dan troposfer.

2. Stratosfer

Stratosfer adalah lapisan kedua setelah troposfer. Lapisan stratosfer dimulai dari ketinggian 11 km. Kondisi lapisan membuat udara di sekitar dingin dan kering. Terjadi pembentukan awan sirus karena lingkungan sangat dingin. Awan sirus ini menyebabkan terbentuknya kristal es.

Lapisan stratosfer terjadi angin kencang dengan aliran tertentu. Awan jenis cirrus terkada berada di bagian paling bawah. Peran stratosfer sangat penting sebagai pembentukan lapisan ozon.

Fungsi lapisan ozon ini dapat menghalangi gelombang ultraviolet (sinar UV) dari sinar matahari. Sinar UV ini cukup berbahaya bagi makhluk hidup karena menyebabkan kanker. Semakin tinggi lapisan terjadi perubahan kenaikan suhu. Selain itu terdapat stratopause yang memisahkan lapisan stratosfer dan mesosfer.

3. Mesosfer

Mesosfer adalah lapisan ketika yang suhunya mencapai -90 derajat celcius. Lapisan ketiga ini hanya ada sedikit molekul udara. Lapisan mesosfer berada di ketinggian 30 sampai 50 km di atas permukaan bumi. Peran lapisan mesosfer untuk melindungi permukaan bumi dari jatuhnya meteor. Sehingga meteor habis terbakar di lapisan mesosfer.

4. Termosfer

Lapisan keempat adalah termosfer yang memiliki suhu sampai 1.500 derajat celcius. Ketinggian termosfer sekitar 75 km sampai 650 km.Peningkatan suhu ini terjadi karena matahari aktif membentuk suar. Ketika matahari aktif menyebabkan munculnya aurora yang menerangi langit.

Proses transisi dari mesosfer ke termosfer terjadi di ketinggian sekitar 81 km. Mesopause adalah lapisan perantara antara kedua lapisan. Lapisan keempat menyebabkan serapan radiasi sinar ultraviolet.

Radiasi ini menyebabkan reaksi kimia membentuk lapisan bermuatan listrik. Lapisan ini disebut ionosfer yang memantulkan gelombang radio. Sebelum muncul satelit, lapisan termosfer berperan memancarkan gelombang radio. Lapisan keempat terjadi gas-gas yang terionisasi. Molekul gas yang terpecah menghasilkan panas sehingga terjadi kenaikan suhu.

Terdapat 3 tingkat lapisan di ionosfer, yaitu:

  • Lapisan Ozon

Ketinggian lapisan 80-159 km. Suhu di sekitar lapisan sekitar -70 derajat sampai 50 derajat. Lapisan ozon ini terjadi proses ionisasi tertinggi. Lapisan ozon bersifat memantulkan gelombang radio.

  • Lapisan Udara F

Ketinggian sekitar 150 sampai 400 km. Lapisan udara F disebut juga lapisan udara appleton.

  • Lapisan Udara Atom

Ketinggian lapisan mencapai 400 sampai 800 km. Suhu lapisan mencapai 1.200 derajat celcius. Peran lapisan udara atom yaitu menerima panas langsung dari matahari.

Lapisan ionosfer membentuk reaksi kimia yang melindungi bumi. Lapisan keempat ini membuat batu meteor ditarik gravitasi bumi. Batu meteor akan terbakar dan terurai jika ukurannya kecil. Sedangkan meteorit berukuran besar akan jatuh ke permukaan bumi dan tidak habis terbakar.

5. Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan yang memiliki tekanan paling rendah. Tebal lapisan sekitar 10.000 km hampir seluas bumi. Udara di eksosfer sangat tipis yang terdiri dari gas-gas ringan seperti hidrogen dan helium. Gas di eksosfer ini melepaskan diri dari medan magnet gravitasi bumi. Sehingga gas menyebar bebas di ruang angkasa. Udara di eksosfer sangat dingin dan menjadi ruang hampa udara.

Peran eksosfer sebagai zona transisi antara atmosfer bumi dengan ruang angkasa. Lapisan kelima ini terdapat satelit buatan sebagai sarana penelitian. Selain itu eksosfer menjadi lapisan pertama untuk melindungi bumi dari meteor, asteroid, dan sinar kosmik.

Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...