Wapres Ma’ruf Amin: Indonesia Berperan Penting Atasi Krisis Iklim

Ira Guslina Sufa
9 November 2022, 05:48
Wapres Mar'ruf Amin
ANTARA FOTO/Saptono/tom.
Wapres Mar'ruf Amin (kedua kanan) didampingi Menteri LHK Siti Nurbaya (kanan) menjawab pertanyaan wartawan usai mengunjungi Paviliun Indonesia pada Konferensi Perubahan Iklim COP27 UNFCCC di Sharm El Sheikh, Mesir, Selasa (8/11/2022).

Wakil Presiden Ma’ruf Amin menekankan Indonesia terus melakukan langkah konkret untuk mengatasi krisis iklim melalui berbagai upaya strategis, termasuk mengurangi emisi gas rumah kaca secara signifikan.

Hal itu disampaikan Wapres dalam keterangannya kepada media, di Paviliun Indonesia, Sharm El Sheikh Convention Centre (SHICC), Sharm El Sheikh, Mesir, Selasa (8/11), usai menghadiri KTT Perubahan Iklim (COP27). 

“Indonesia sebagai pemegang Presidensi G20 2022 serta Ketua ASEAN pada 2023, memiliki posisi strategis dalam berkolaborasi untuk penanganan perubahan iklim,” ujar Ma’ruf Amin. 

Menurut Ma’ruf, Indonesia saat ini terus berupaya untuk lead by example (memimpin dengan contoh) melalui berbagai upaya positif. Beberapa hal yang telah dilakukan adalah peningkatan target penurunan emisi Indonesia dalam Enhanced Nationally Determined Contribution menjadi 31,89 persen dengan kemampuan sendiri dan 43,20 persen dengan dukungan internasional. 

Dia mencontohkan pentingnya kerja sama dan kolaborasi dalam menghadapi krisis seperti situasi saat negara harus menghadapi pandemi Covid-19. Menurut Ma’ruf, tak satupun negara yang mampu menghadapi pandemi secara mandiri.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...