Memahami 3 Struktur Teks Tanggapan dalam Teks Berita

Dwi Latifatul Fajri
13 November 2022, 22:05
Struktur Teks Tanggapan
Pexels/brotiN biswaS
Ilustrasi, teks tanggapan.

Dalam bahasa Indonesia, ada berbagai jenis teks yang perlu diketahui. Salah satunya teks tanggapan yang ada dalam teks berita. Contohnya tanggapan pakar politik terhadap isu terkini. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti tanggapan yaitu sambutan terhadap ucapan berupa kiritik, komentar, dan lainnya.

Dalam buku “Ragam Teks dan Satuan Bahasa Pembentuk Teks” menjelaskan teks tanggapan adalah isi sambutan berupa ucapan. Isi sambutan ini berupa hal yang diterima oleh pancaindra dan bayangan dalam angan-angan. Selain teks berita, teks tanggapan ada dalam artikel, film, berita, dan fenomena tertentu.

Teks tanggapan adalah teks yang disampaikan melalui kritik, pujian, evaluasi, komentar, hingga penolakan. Jadi, teks tanggapan berupa pengamatan atau sudut pandang dari seseorang.

Ciri-ciri Teks Tanggapan

  • Dalam teks memuat tanggapan terhadap suatu fenomena di sekitar
  • Teks tanggapan disertai dengan fakta dan alasan yang mendukung
  • Ciri kebahasaan memiliki teks tanggapan kritis
  • Kaidah bahasa yang disampaikan jelas, login, dan sopan
  • Terdapat 3 struktur teks yaitu evaluasi, deskripsi teks, dan penegasan ulang

Fungsi Teks Tanggapan

Berikut fungsi teks tanggapan mengutip dari zenius.net:

  • Memberi penilaian dan merevisi suatu karya dan pendapat
  • Memberikan masukan yang membangun
  • Mengapresiasi suatu karya dengan memperhatikan setiap detail karya
  • Dapat memberikan saran yang sistematis, bukan hanya pujian atau kritikan semata
  • Wadah komunikasi untuk berdialog melalui konteks, deskripsi, dan penilaian

Struktur Teks Tanggapan

1. Evaluasi

Mengutip dari gramedia.com, evaluasi merupakan bagian awal struktur teks tanggapan. Isi evaluasi berupa pernyataan umum tentang fenomena atau isu terkini dari penulis. Beberapa ahli perlu menyertakan bukti untuk teks tanggapan.

Evaluasi memuat konteks yaitu penyebutan tentang objek yang ditanggapi. Bagian ini menjelaskan keterangan waktu, tempat, dan keterangan lainnya. Konteks memuat 3 pernyataan yaitu apa objek yang ditanggapi, lokasi kejadian, dan kapan peristiwa terjadi.

2. Deskripsi

Deskripsi menjelaskan inti pembahasan dari peristiwa yang terjadi. Penulis memuat informasi penting sebagai bukti dan fakta pendukung. Dalam memberikan tanggapan opini ini terdiri dari berbagai sudut pandang. Dalam deskripsi menjelaskan pertanyaan bagaimana terkait peristiwa yang terjadi.

3. Penilaian

Bagian terkakhir adalah penilaian atau penegasan ulang. Bagian akhir ini memberikan kesimpulan yang ditentukan oleh penulis. Selain itu penulis menambahkan saran dan masukan untuk dijadikan pembelajaran pada pembaca. Penilian penulis berupa kelebihan dan kekurangan dari suatu peristiwa atau objek.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...