Cara Menggunakan dan Fungsi Rumus COUNTIF Excel

Tifani
Oleh Tifani
16 November 2022, 14:16
rumus countif excel
Katadata
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Microsoft Excel dikenal karena memiliki segudang fungsi dan rumus yang siap membantu dalam mengolah data dan angka baik data sederhana hingga kumpulan data dengan skala yang relatif besar.

Beberapa rumus Excel mulai dari SUM, Average, HLOOKUP, VLOOKUP, hingga IF biasa digunakan dalam Excel. Memahami fungsi dan rumus pada Excel mungkin nampak rumit, namun jika benar dipahami fungsi ini sangat membantu pekerjaan.

Pengertian dan Fungsi Rumus COUNTIF

Dari sekian banyak fungsi dan rumus tersebut, Excel memiliki beberapa fungsi yang tidak kalah penting dan sering digunakan yaitu fungsi COUNT, COUNTA, COUNTBLANK, COUNTIF dan COUNTIFS. Fungsi Count pada Excel juga termasuk ke dalam kelompok fungsi Statistical.

Pada artikel kali ini akan dibahas tentang fungsi atau rumus COUNTIF. Dimana jika dilihat dari namanya berasal dari gabungan kata COUNT dan IF, bagi yang sudah pernah belajar tentang fungsi COUNT dan fungsi IF pasti sudah bisa menebak fungsi dari COUNTIF.

Dikutip dari website support.microsoft.com, COUNTIF adalah salah satu fungsi statistik di excel untuk menghitung jumlah sel yang memenuhi sebuah kriteria sebagai dasar perhitungannya. Rumus COUNTIF mulai bisa digunakan oleh pengguna excel sejak Excel 2003.

Fungsi dari rumus ini berguna untuk mendapatkan banyak data dalam suatu cell range yang memenuhi sebuah kriteria tertentu. Selain itu, fungsi COUNTIF lainnya yaitu untuk menghitung jumlah data yang sama, menghitung jumlah sel yang terisi, menghitung sel yang berisikan teks tertentu, dan mengetahui jumlah angka dengan kriteria tertentu.

Misal menghitung sel yang berisi kata "apel", menghitung sel yang berisi angka diatas 50, menghitung berapa kali kota tertentu muncul dalam daftar pelanggan, dan lain sebagainya. Nantinya, hasil dari COUNTIF adalah sebuah angka yang melambangkan banyak data dalam suatu cell range yang memenuhi sebuah kriteria tertentu.

Secara sederhana, COUNTIF berbentuk sebagai berikut:
Syntax: =COUNTIF(range; criteria)

Keterangan syntax fungsi COUNTIF:
range: Merupakan range atau rentang data yang akan digunakan sebagai rentang pertama untuk dihitung jumlah datanya berdasarkan kriteria yang telah ditentukan.
criteria: Merupakan kriteria atau kondisi dalam bentuk angka, ekspresi, referensi sel, atau teks dimana sebagai syarat data yang akan dihitung jumlahnya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...