Ragam Cara Menggunakan Rumus Excel Menghitung Jumlah Cell yang Terisi

Microsoft Excel juga dapat menghitung jumlah data atau mencari tahu seberapa banyak data yang sama dalam satu worksheet. Berikut cara menggunakan rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi.
Image title
Oleh Tifani
15 November 2022, 15:16
rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi
Katadata
Ilustrasi, Microsoft Excel.

Microsoft Excel menjadi salah satu software yang penting dalam dunia kerja. Pasalnya, Excel menjadi software yang berguna untuk analisis data dan dokumentasi.

Bahkan, Excel juga dapat menghitung jumlah data atau mencari tahu seberapa banyak data yang sama dalam satu worksheet. Dengan menggunakan Excel, seseorang dapat menyelesaikan masalah ini dalam hitungan detik!.

Dikutip dari laman kelasexcel.id, secara umum untuk menghitung jumlah sel atau menghitung jumlah data dengan kriteria tertentu, dapat menggunakan rumus excel 'COUNTIF' atau fungsi Countifs.

Menghitung Jumlah Cell yang Terisi

Cara menggunakan rumus excel menghitung jumlah cell yang terisi terdiri dari tiga. Pertama, pilih sel tempat yang diinginkan untuk hasil yang muncul. Kedua, pada tab 'Rumus', klik 'Fungsi Lainnya', arahkan ke 'Statistik', lalu klik salah satu fungsi berikut ini:

Advertisement
  • COUNTA: Untuk menghitung sel yang tidak kosong
  • COUNT: Untuk menghitung sel yang berisi angka.
  • COUNTBLANK: Untuk menghitung sel yang kosong.
  • COUNTIF: Untuk menghitung sel yang memenuhi kriteria tertentu.

Ketiga, pilih rentang sel yang diinginkan, lalu tekan RETURN. Perlu diingat, rumus COUNT juga bisa digunakan untuk menghitung total di Excel. Fungsinya pada Excel berguna untuk menghitung banyak cell atau kotak yang berisi data numerik seperti angka, tanggal, dan sebagainya.

Perbedaannya dengan SUM adalah COUNT ini hanya menghitung saja, bukan menjumlahkan. Selain menggunakan rumus COUNT seperti di atas kita juga bisa menghitung jumlah sel yang berisi teks dengan memanfaatkan fungsi Sumproduct pada microsoft excel. Rumus umumnya adalah sebagai berikut:

=SUMPRODUCT(--(ISNUMBER(FIND(Teks;RangeData))))

Fungsi Rumus COUNT

1. Rumus COUNTA

Fungsi COUNTA menghitung sel yang berisi setiap tipe informasi, termasuk nilai kesalahan dan teks kosong (""). Misalnya, jika rentang tersebut berisi rumus yang mengembalikan string kosong, fungsi COUNTA menghitung nilai itu. Fungsi COUNTA tidak menghitung sel kosong.

Seperti berikut:
COUNTA(value1, [value2], ...)

fungsi COUNTA memiliki argumen berikut:
value1 Diperlukan. Argumen pertama yang mewakili nilai yang ingin dihitung.
value2, ... Opsional. Argumen tambahan yang menyatakan nilai-nilai yang ingin dihitung, hingga maksimal 255 argumen.

2. Rumus COUNT

Fungsi COUNT menghitung jumlah sel yang berisi angka, dan menghitung angka dalam daftar argumen. Gunakan fungsi COUNT untuk mendapatkan jumlah entri di bidang angka yang ada dalam rentang atau larik angka.

fungsi COUNT memiliki argumen berikut:
value1 Diperlukan. Item pertama, referensi sel, atau rentang yang ingin dihitung angkanya.
value2, ... Opsional. Hingga 255 item tambahan, referensi sel, atau rentang yang ingin dihitung angkanya.

3. Rumus COUNTBLANK

Fungsi COUNTBLANK, salah satu fungsi Statistik, untuk menghitung jumlah sel kosong dalam satu rentang sel.

Formula dalam Rumus Menghitung Total di Excel

Supaya bisa menggunakan Microsoft Excel dengan benar dan maksimal, ada beberapa rumus atau formula yang harus digunakan. Pasalnya dalam mengolah data, angka-angka akan ditampikan dalam baris kolom berbentuk tabel.

Untuk mempermudah dalam melakukan perhitungan di Microsoft Excel, ada beberapa formula yang bisa digunakan, yaitu rumus SUM. Rumus ini adalah rumus yang digunakan untuk menemukan jumlah atau total dari suatu nilai atau tabel yang ingin dihitung.

Rumus menghitung total di Excel dengan SUM bisa berbentuk range, array, konstanta, dan sebagainya. Kolom huruf pada Microsoft Excel adalah kolom vertikal yang membentang dari kiri ke kanan.

Sedangkan kolom angka adalah kolom horizontal yang membentang dari atas ke bawah. Rumus menghitung total di Excel ini paling banyak digunakan karena terbilang paling mudah untuk dilakukan dan tidak ribet.

Rumus Menghitung Total di Excel dengan SUM

Ada dua cara untuk menggunakan rumus menghitung total di Excel. Dua cara ini tidak jauh berbeda karena hanya ada satu perbedaan langkah yang ada di dalamnya. kedua cara yang bisa digunakan dalam rumus menghitung total di Excel, yaitu:

Cara pertama:

  • Cek kolom mana saja yang ingin ditambahkan.
  • Pastikan semua kolom terdapat angka yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan di bagian kolom hasil penjumlahan.
  • Ketik rumus =SUM(kolom fx;kolom fy) pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, G, dan seterusnya.
  • Kemudian, klik enter.

Cara kedua:

  • Cara kedua dilakukan jika ingin menjumlahkan lebih dari satu deretan kolom.
  • Langkah pertama adalah cek cell mana saja yang ingin dijumlahkan.
  • Pastikan semua kolom terdapat angka yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan tepat pada cell kosong yang ada di bagian bawah cell akhir yang ingin dijumlahkan.
  • Ketik rumus =SUM (pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, G, dan seterusnya.
  • Klik kursor pada cell awal yang ingin ditambahkan lalu tarik hingga ke cell bawah di mana Moms ingin menjumlahkan angka yang terakhir.
  • Nantinya, cell yang ingin dijumlahkan akan muncul pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Tutup rumus menghitung total di Excel dengan tanda tutup kurung atau ).
  • Setelah itu klik enter.

Rumus Menghitung Total di Excel dengan COUNT

Cara pertama:

  • Cek kolom mana saja yang ingin ditambahkan.
  • Klik kursor dan letakkan di bagian kolom hasil penjumlahan.
  • Ketik rumus =COUNT(kolom fx;kolom fy) pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, G, dan seterusnya.
  • Kemudian, klik enter.

Cara kedua:

  • Cek cell mana saja yang ingin dijumlahkan.
  • Klik kursor dan letakkan tepat pada cell kosong yang ada di bagian bawah cell akhir yang ingin dijumlahkan.
  • Ketik rumus =COUNT ( pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Kolom ini berada tepat di atas kolom yang bertuliskan A, B, C, D, E, F, G, dan seterusnya.
  • Klik kursor pada cell awal yang ingin ditambahkan lalu tarik hingga ke cell bawah di mana Moms ingin menjumlahkan angka yang terakhir.
  • Nantinya, cell yang ingin dijumlahkan akan muncul pada kolom paling atas yang ada ikon fx. Tutup rumus menghitung total di Excel dengan tanda tutup kurung atau ).
  • Setelah itu, klik enter.

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait