Memahami Cara Mencari Persentase di Excel

Annisa Fianni Sisma
17 November 2022, 17:44
Cara Mencari Persentase di Excel
Katadata
Ilustrasi, tampilan Microsoft Excel.

Cara mencari persentase di Microsoft Excel dapat dilakukan dengan berbagai cara. untuk memahaminya, berikut penjelasan rumus dan fungsi di Excel yang berguna untuk mencari persentase.

Menghitung persentase di Excel menjadi salah satu hal penting yang diperlukan saat mengolah dan menyajikan data. Kegiatan ini pada umumnya dibutuhkan oleh seorang analis data atau kegiatan untuk perdagangan dan lain sebagainya.

Pencarian persentase di Excel ini digunakan untuk menghitung persenan diskon, komisi, bunga bank, dan lain sebagainya. Penggunaan rumus ini dapat dilakukan oleh siapapun dengan berbagai tujuan. Tujuan utama pencarian persentase di Excel ini adalah mempermudah penggunaan dan pemahaman data, agar informasi dapat tersampaikan dengan baik.

Data yang sudah tercantum pada Excel merupakan data yang penting dan telah disusun serapi mungkin untuk dapat mudah dipahami. Oleh karena itu, apabila dibutuhkan rumus tertentu atau penyajian jenis data tertentu, maka pengguna perlu memahami berbagai fitur dan rumus Excel yang tersedia.

Fitur Menghitung Persentase di Microsoft Excel

Salah satu fitur yang telah disinggung di atas adalah persentase. Pengguna harus mengetahui terlebih dahulu cara menampilkan format persentase di Excel. Software ini telah menyediakan fitur pengubah nilai angka menjadi berbagai macam format angka. Pengubahan tersebut menggunakan rumus maupun fitur otomatis yang sudah tersedia di Excel.

Salah satu format angka tersebut adalah persentase. Terdapat 3 (tiga) cara menampilkan nilai angka pada Excel agar menjadi persen. Berikut ini caranya:

1. Mengetik Lambang Persen di Belakang Angka.

Contohnya yakni ketika mengetikkan angka pada kolom, cukup ketikkan pula tanda persen (%).

2. Mengubah Format Cell Excel dengan Mengubah Style Format Menjadi Persen.

Fitur ini tersedia pada Tab Home – Number – Percent (%). Tanda persen pun seketika muncul pada cell yang dimaksud.

3. Menampilkan Persen dengan Shortcut

Cara menampilkan persenan berikutnya adalah dengan format ctrl + shift + %.

4. Menampilkan Persen di Dialog Format Cells

Buka dialog Format Cells, klik Number, klik Percentage, ketik decimal places.

Cara Mencari Persentase di Microsoft Excel

Setelah mengetahui cara menampilkan format persentase, berikut ini berbagai cara mencari persentase di Excel jika ingin melakukan perubahan pada data secara signifikan.

1. Cara Mencari Persentase di Excel dengan Menghitung

Sebelum mengetahui cara mencari persentase di Excel, pengguna harus memahami terlebih dahulu konsep menghitung persentase secara umum. Dalam mencari atau menghitung persentase, terdapat 2 variabel yang dibutuhkan yakni:

  • Nilai yang akan dihitung persentasenya.
  • Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.

Contoh kasus:

Jika pengguna ingin mengetahui persentase dari 10 soal test yang diberikan tetapi peserta hanya dapat menjawab sebanyak 9 soal, maka persentase jawaban yang benar dapat dicari dengan rumus berikut: 9/10*100%.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...