Memahami Cara Mencari Persentase di Excel
Cara mencari persentase di Microsoft Excel dapat dilakukan dengan berbagai cara. untuk memahaminya, berikut penjelasan rumus dan fungsi di Excel yang berguna untuk mencari persentase.
Menghitung persentase di Excel menjadi salah satu hal penting yang diperlukan saat mengolah dan menyajikan data. Kegiatan ini pada umumnya dibutuhkan oleh seorang analis data atau kegiatan untuk perdagangan dan lain sebagainya.
Pencarian persentase di Excel ini digunakan untuk menghitung persenan diskon, komisi, bunga bank, dan lain sebagainya. Penggunaan rumus ini dapat dilakukan oleh siapapun dengan berbagai tujuan. Tujuan utama pencarian persentase di Excel ini adalah mempermudah penggunaan dan pemahaman data, agar informasi dapat tersampaikan dengan baik.
Data yang sudah tercantum pada Excel merupakan data yang penting dan telah disusun serapi mungkin untuk dapat mudah dipahami. Oleh karena itu, apabila dibutuhkan rumus tertentu atau penyajian jenis data tertentu, maka pengguna perlu memahami berbagai fitur dan rumus Excel yang tersedia.
Fitur Menghitung Persentase di Microsoft Excel
Salah satu fitur yang telah disinggung di atas adalah persentase. Pengguna harus mengetahui terlebih dahulu cara menampilkan format persentase di Excel. Software ini telah menyediakan fitur pengubah nilai angka menjadi berbagai macam format angka. Pengubahan tersebut menggunakan rumus maupun fitur otomatis yang sudah tersedia di Excel.
Salah satu format angka tersebut adalah persentase. Terdapat 3 (tiga) cara menampilkan nilai angka pada Excel agar menjadi persen. Berikut ini caranya:
1. Mengetik Lambang Persen di Belakang Angka.
Contohnya yakni ketika mengetikkan angka pada kolom, cukup ketikkan pula tanda persen (%).
2. Mengubah Format Cell Excel dengan Mengubah Style Format Menjadi Persen.
Fitur ini tersedia pada Tab Home – Number – Percent (%). Tanda persen pun seketika muncul pada cell yang dimaksud.
3. Menampilkan Persen dengan Shortcut
Cara menampilkan persenan berikutnya adalah dengan format ctrl + shift + %.
4. Menampilkan Persen di Dialog Format Cells
Buka dialog Format Cells, klik Number, klik Percentage, ketik decimal places.
Cara Mencari Persentase di Microsoft Excel
Setelah mengetahui cara menampilkan format persentase, berikut ini berbagai cara mencari persentase di Excel jika ingin melakukan perubahan pada data secara signifikan.
1. Cara Mencari Persentase di Excel dengan Menghitung
Sebelum mengetahui cara mencari persentase di Excel, pengguna harus memahami terlebih dahulu konsep menghitung persentase secara umum. Dalam mencari atau menghitung persentase, terdapat 2 variabel yang dibutuhkan yakni:
- Nilai yang akan dihitung persentasenya.
- Nilai pembanding dari nilai yang akan dihitung persentasenya.
Contoh kasus:
Jika pengguna ingin mengetahui persentase dari 10 soal test yang diberikan tetapi peserta hanya dapat menjawab sebanyak 9 soal, maka persentase jawaban yang benar dapat dicari dengan rumus berikut: 9/10*100%.
Hasil yang akan muncul adalah 90%. Angka 9 adalah nilai yang akan dihitung persentasenya dan 10 adalah nilai pembandingnya.
Kasus di atas dapat berlaku penerapannya dengan kondisi sebaliknya. Contohnya yakni persentase jawaban salah adalah 50%, maka cara mengetahui asal angka tersebut yakni: 5/10*100%.
Dalam Excel, terdapat 2 jenis persentase perubahan. Kedua jenis tersebut yakni persentase kenaikan dan persentase penurunan.
2. Cara Mencari Persentase di Excel dengan Penghitungan Persentase Proporsi
Proporsi merupakan pecahan yang pembilangnya adalah bagian dari penyebutnya. Persentase proporsi menghitung persentase sebuah variabel dengan membandingkan variabel tersebut dengan pembandingnya. Variable itu adalah bagian dari variabel pembanding.
Agar mampu memahaminya dengan mudah, berikut ini contoh kasusnya:
Diketahui sebuah shelter kucing memiliki 200 kucing. Dari seluruh kucing tersebut, terdapat 80 kucing jantan dan 120 kucing betina. Berapakan persentase kucing jantan dan betina dari seluruh kucing yang ada?
Untuk menjawab kasus di atas, cukup gunakan rumus berikut:
A | B | C | D | E |
No | Nama | Jumlah | Persentase | Rumus |
1 | Jantan | 80 | 40% | =C2/C6*100% |
2 | Betina | 120 | 60% | =C3/C6*100% |
Total | 200 | 100% |
Berdasarkan data di atas, pada kolom E2 dan E3 akan muncul persentase seketika. Hasil akan dapat dilihat secara langsung.
Namun, sebenarnya pengguna juga tidak perlu menambahkan *100% karena hasil akan tetap sama dan cukup tambahkan tanda persen (%) di belakangnya. Tabel pun akan terlihat seperti ini:
A | B | C | D | E |
No | Nama | Jumlah | Persentase | Rumus |
1 | Jantan | 80 | 40% | =C2/C6 |
2 | Betina | 120 | 60% | =C3/C6 |
Total | 200 | 100% |
3. Cara Mencari Persentasi di Excel dengan Menghitung Persentase Perubahan
Persentase perubahan dalam matematika berfungsi menunjukkan selisih antara nilai sebelum dan sesudah dalam bentuk persen nilai sebelum.
Pada pokoknya, cara penghitungannya adalah nilai perubahan dibagi nilai sebelum perubahan dan kemudian dikalikan dengan 100%. Berkaitan dengan penggunaannya di Excel, rumusnya dapat menjadi seperti berikut:
=(B3-B2)/B2
Namun, cell pada rumus di atas dapat disesuaikan dengan tabel yang ada pada Excel pengguna. Data pun dapat menunjukkan angka persentase perubahan dengan cepat dan mudah.