Update Gempa Cianjur, 22.198 Rumah Rusak dan 58.362 Orang Mengungsi

Ira Guslina Sufa
23 November 2022, 06:25
Gempa cianjur
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/aww.
Warga mengungsi di tenda darurat, Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (22/11/2022).

Gempa berkekuatan 5,6 skala richter yang terjadi di Cianjur Jawa Barat pada Senin (21/11) telah menyebabkan kerusakan yang cukup signifikan. Sebanyak 22.198 rumah mengalami kerusakan dan 58.362 orang terpaksa mengungsi. 

Data terakhir yang dirilis oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana, sebanyak 268 korban meninggal dunia. Dari jumlah itu baru 122 jenazah yang teridentifikasi. Sedangkan 151 orang masih dinyatakan hilang. 

“Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar seluruh korban ditemukan," ucap Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto dalam keterangan pers yang dikutip Rabu (23/11). 

Menurut Suharyanto para pengungsi telah mendapatkan fasilitas yang layak. Tenda besar telah didirikan oleh BNPB, pemerintah, TNI/Polri dan bantuan lembaga lainnya. 

"Dapur umum telah beroperasi, kalau masih ada yang kurang dan belum terlayani, lambat laun akan kami perbaiki," ujar Suharyanto lagi. 

Ia juga berterima kasih atas banyaknya respon dan penggalangan bantuan gempa yang dilakukan masyarakat. Namun, Suharyanto berharap agar bantuan tetap di bawah koordinasi posko yang telah tersedia. Hal ini untuk lebih memudahkan distribusi dan pendataan. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...